Home » Meriahkan HUT Mentok ke-288, SD Santa Maria Suguhkan Budaya Tionghoa

Meriahkan HUT Mentok ke-288, SD Santa Maria Suguhkan Budaya Tionghoa

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – “Wew Molek e Dewi Kwan Im e” begitulah komentar masyarakat ketika menyaksikan arakan pawai budaya dari regu SD Santa Maria Muntok dalam rangka menyambut HUT Mentok ke-288 pada 7 September 2022. Pawai budaya yang diikuti 86 regu ini mewajibkan peserta menampilkan salah satu budaya nusantara. SD Santa Maria sendiri menampilkan kebudayaan Tionghoa berupa sosok Dewi Kwan Im, atraksi wushu, tarian, dan barongsai.

Persiapan yang dadakan tidak menghalangi semangat para guru, karyawan, siswa dan orang tua yang ikut dalam barisan SD Santa Maria ini. Tema budaya Tionghoa dipilih karena SD Santa Maria mempunyai peserta didik yang didominasi dari kalangan Tionghoa.

“Mungkin masyarakat bertanya-tanya, loh kok sekolah Katolik bawa Dewi Kwan Im? Dewi Kwan Im adalah simbol budaya Tionghoa. Walau kita sekolah Katolik tetapi para siswa berasal dari beragam etnis, suku, dan agama. Banyak siswa kita yang beragama Buddha dan Kongfucu tetapi memilih untuk bersekolah di Santa Maria, ini adalah strategi promosi sekolah katolik yang multi kultur dan menjunjung toleransi.” Ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Muntok.

Keikutsertaan sekolah dalam kegiatan pawai juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan keunggulan serta keunikan sekolah. Banyak masyarakat yang menanti-nanti penampilan SD Santa Maria karena memang biasanya selalu maksimal dan memukau masyarakat.

“Semoga juga lewat kegiatan seperti ini juga mampu membangun Brand Image sekolah katolik Yayasan Tunas Karya,” pungkas Maria Susanti.

Penulis : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.