Home » Siswa – Siswi SMA Santo Yosef Pangkalpinang Kembali Berprestasi Dalam Ajang Kompetisi TSM 2022

Siswa – Siswi SMA Santo Yosef Pangkalpinang Kembali Berprestasi Dalam Ajang Kompetisi TSM 2022

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Satu lagi prestasi berhasil di cetak oleh siswa-siswi SMA Santo Yosef Pangkalpinang, kali ini di bidang Ekonomi dan Akuntansi. Empat tim yang dikirimkan, masing-masing terdiri dari tiga orang, berhasil meraih peringkat satu dan dua di tiap-tiap bidang lomba yang mereka ikuti. Kompetisi TSM ini merupakan annual event atau acara tahunan yang diadakan oleh Trisakti School of Management (TSM).

Tiap tahunnya, SMA Santo Yosef memang menjadi langganan dalam mencetak prestasi di ajang yang satu ini. Setidaknya dalam dua atau tiga tahun terakhir, SMA Santo Yosef selalu mengirimkan tim untuk lanjut ke tingkat provinsi, begitu pun untuk tahun 2022 ini.

Untuk teknis pelaksanaan Kompetisi TSM ini dibagi menjadi dua babak di regional Bangka, yaitu penyisihan secara online, lalu final dan semifinal secara offline menggunakan aplikasi Kahoot yang kebetulan di laksanakan di SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Yang melaju ke semifinal dan final merupakan delapan tim terbaik dari seluruh Bangka.

Dan biasanya yang melanjutkan ke nasional itu adalah tim yang juara satu di final, jadi untuk tahun ini SMA Santo Yosef berhasil membawa dua tim untuk melaju ke tingkat nasional, yaitu masing-masing satu baik di bidang Ekonomi maupun Akuntansi.

Prestasi ini juga menjadi angin segar bagi siswa-siswi jurusan MIA, karena untuk peserta Akuntansi, dua tim yang mewakili SMA Santo Yosef merupakan siswa-siswi yang berasal dari jurusan MIA. Hal ini sebetulnya sudah diterapkan mulai tahun lalu, tetapi baru kali ini semua perwakilan berlatar belakang jurusan MIA.

Hal ini tentunya berarti SMA Santo Yosef turut memberikan kesempatan yang sama bagi setiap jurusan untuk mencoba hal-hal baru, maupun mengembangkan kegemaran masing-masing pribadi siswa, tidak terpaku pada jurusan yang di ambil.

Untuk tim Ekonomi, ada SMA Santo Yosef Tim A (Xerxes Roderick, Peter Baron Febrian, dan Sellysia Tanujaya) berhasil menyabet juara satu dan SMA Santo Yosef Tim B (Angelica Josephin Darius, Gabriel Christian Putra Diel, dan Velisya Angi) yang menyabet juara dua.

Untuk tim Akuntansi, SMA Santo Yosef Tim A (Marla Marlena, Cerina Kahayani, dan Darren Benardy) menyabet juara satu dan SMA Santo Yosef Tim B (Brayen Agustinus Putra, Edeline Shani, dan Hizkia Gopas) sebagai peraih juara dua. Guru pembimbing untuk Kompetisi TSM ini sendiri ada dua, yaitu Kristina Eva Riana selaku pembimbing Akuntansi dan Johan Wiratmo selaku pembimbing Ekonomi.

Menurut penjelasan dari salah satu guru pembimbing, yaitu Kristina Eva Riana, selama ini SMA Santo Yosef selalu berhasil masuk sepuluh besar, tapi untuk yang berhasil ke nasional, karena beberapa tahun terakhir memang sedang pandemi, pelaksanaannya tetap online, dari daerah masing-masing, tidak berangkat ke Jakarta.

Tahun ini untuk pertama kalinya kembali digelar secara offline di Jakarta. Untuk persiapan sendiri, guru pembimbing memberikan materi-materi untuk belajar dan siswa-siswi lebih banyak belajar mandiri, tutorial teman sebaya, dan literasi secara online maupun offline, “Guru pembimbing hanya bantu mengarahkan,” jelas Eva.

Harapan untuk siswa-siswi yang akan melanjutkan ke nasional dari Eva, “Semoga bisa tembus dalam tingkat nasional,”. Dan pesan dari siswa-siswi yang mengikuti kompetisi untuk siswa-siswi yang lainnya, “Coba aja dulu, kerja keras dan terus berdoa, gak ada yang tahu kalian akan sampai di tingkat yang mana”, jangan cepat puas dengan pencapaian teman-teman dan terus upgrade diri”. Tetap semangat mengejar mimpi melalui prestasi. *(sfn)*

Penulis : Sellysia Tanujaya

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.