Home » Tak Disangka, Siswa SMAK Yos Sudarso Raih Prestasi Lampaui Prediksi

Tak Disangka, Siswa SMAK Yos Sudarso Raih Prestasi Lampaui Prediksi

oleh Redaktur Ytknews

Batam, YTKNews.id—-Ada hal yang menggelitik ketika menguak tentang keberhasilan siswa SMAK Yos Sudarso dalam ajang Olimpiade Matematika yang dilaksanakan oleh ITEBA atau Institut Teknologi Batam. Sempat tidak memprediksi akan menjuarai lomba, SMAK Yos Sudarso justru memenangkan lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SMA se-kota Batam ini.

Acara yang diadakan di Insitut Teknologi Batam pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 ini dibuka oleh rektor ITEBA, Prof. Dr. Ing. Ir .H. Hairul Abral. Walaupun tidak wajib diikuti, tetapi cukup banyak siswa dari beberapa perwakilan sekolah yang mengikuti perlombaan ini. SMAK Yos Sudarso sendiri mengirimkan lima siswa sebagai perwakilan.

Setelah pembukaan, seluruh siswa masuk ke ruang-ruang yang telah disediakan untuk mengerjakan soal. Pertandingan berlangsung sekitar dua jam. Ada hal menarik ketika pengumuman pemenang dibacakan. SMAK Yos Sudarso yang hanya berani menargetkan dirinya meraih kemenangan di posisi 2 dan 3, ternyata justru meraih juara 1.

“Awalnya kami optimis bisa meraih peringkat 3 atau maksimal 2, tetapi ketika 2 juara itu dibacakan dan tidak ada nama Yos Sudarso, kami mulai pesimis,” ujar Pascalis Pandu, S.Pd., selaku pendamping siswa dalam lomba tersebut. “Namun, waktu juara 1 disebutkan dan ternyata itu Yos Sudarso, kami terkejut. Hasilnya luar biasa, melampaui ekspektasi kami!” katanya sambil tertawa.

Adalah Alexander, siswa yang duduk di kelas XI.2 inilah yang ternyata mengharumkan nama SMAK Yos Sudarso. Siswa yang dikenal pendiam ini ternyata menyimpan kecerdasan luar biasa. Ia sendiri tidak menduga dapat meraih kemenangan itu. Kemenangan ini adalah debut prestasinya dalam bidang Matematika yang memang ia minati. Ia membawa pulang hadiah berupa piala bergilir setinggi 1,5 meter dan uang pembinaan senilai Rp 1.000.000,00.

Perlombaan ini juga menyimpan hal unik lainnya. Siswa dan siswi SMAKYS yang mengikuti lomba justru lebih tertarik pada hadiah hiburan yang diberikan selama acara berlangsung. Alih-alih terpincut pada hadiah utama, mereka justru antusias mengejar hampers dari panitia. “Kami senang mengikuti lomba ini, karena hampersnya menarik,” ujar mereka gembira. Walaupun begitu, lomba ini tetap memberi manfaat sangat banyak untuk siswa. “Anak-anak sangat bertambah referensinya tentang soal-soal olimpiade. Meski tidak sepenuhnya sama, setidaknya referensi ini berguna untuk persiapan lomba-lomba lain yang akan mereka ikuti,” ujar Pandu menutup wawancara. (sfn)

Reporter : Dwiki Natalia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.