Home » Tropi Untuk Anak dan Orangtua Hebat di TK St Maria Mentok

Tropi Untuk Anak dan Orangtua Hebat di TK St Maria Mentok

oleh Redaktur Ytknews

Mentok, YTKNews.id—Momen pentas seni dan pelepasan siswa TK B  TK Santa Maria memang telah usai dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2023. Namun ada yang menarik di sela kegiatan yang digelar pada dua moment penting tersebut.  Sebagai sekolah penggerak, TK Santa Maria sangat focus dalam program peningkatan literasi anak usia dini.

Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan program peningkatan literasi yang dituangkan dalam kegiatan jadwal  meminjam buku perpustakaan, orangtua membacakan buku untuk anak dan best practice book.

Ketiga kegiatan tersebut dikemas secara berkesinambungan selama satu tahun ajaran dan di akhir tahun ajaran akan diberikan reward bagi orangtua yang  paling disiplin dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Kepala TK Santa Maria, Sumiyati berharap melalui kegiatan ini dapat terbangun rasa cinta buku sejak usia dini dan  lebih meningkatkan kedekatan antara anak dan orangtua.

Kegiatan ini sudah diawali dengan sosialisasi kepada orangtua murid di awal tahun ajaran sehingga orangtua murid sudah mengetahui tujuan  program tersebut. Pembagian tropi sebagai reward dimaksudkan menjadi  motivasi dan penghargaan dari sekolah. Tropi diberikan kepada 3 orang terbaik setiap kelas, sehingga ada 15 orangtua bersama anak yang menerima tropi tersebut.

Respon positif disampaikan oleh Agnes Hutagalung, mama Bellvania. Baginya, dengan adanya membaca buku cerita bisa membangun dinding yang baik antara ibu dan anak, secara khusus anak menjadi lebih pintar dan rasa ingin taunya lebih besar.

Lalu buku perbuatan baik juga menjadi anak lebih terpacu untuk membantu orangtua/keluarganya dalam menebar kebaikan. Kegiatan ini juga sangat berpengaruh bagi anak saya, karna Bellvania sangat termotivasi membantu saya dirumah.  Jujur saya sangat terharu dan bahagia karena apa yang telah dilakukannya dalam mengerjakan buku perbuatan dengan baik dapat diapresiasi dengan baik sehingga menjadi juara”

Tak hanya itu saja.  Mama Riko selaku orangtua kelompok A juga memberikan komentarnya. “Manfaat kegiatan literasi membaca ini menurut saya supaya anak lebih gemar dan suka membaca buku walaupun sebanarnya masih tahap mendengar ya miss,” tutur Mama Riko.

Tak tanggung-tanggung Mama Riko ini punya dua anak di TK, yang begitu intens melaksanakan program membacakan buku untuk anak dan selalu membagikan di media sosial. “Kita tidak akan berhenti dalam program ini, dan tetap akan dilaksanakan setiap tahun agar literasi anak  semakin meningkat,” pungkas Mama Riko. (In)

Kontributor :  Ivana Mery Situmeang

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.