Home » Kunjungi Panti Asuhan, Hal Ini Yang Dilakukan OSIS SMA Santo Yusup

Kunjungi Panti Asuhan, Hal Ini Yang Dilakukan OSIS SMA Santo Yusup

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai Karimun, YTKNews.id—Hari itu, menjelang liburan penutupan tahun ajaran. Komunitas SMA Santo Yusup yang terwakili oleh OSIS dan guru-guru mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Jehovah Jireh di daerah Poros, Karimun. Kunjungan tersebut, sebagai tindak lanjut salah satu program OSIS SMA Santo Yusup “Audere Est Facere” Bidang Kerohanian.

Sebelum melakukan kunjungan itu, OSIS juga melaksanakan program kerja Sumbangan Sukarela. Di situ,  seluruh komunitas SMASTY mengumpulkan sumbangan dalam bentuk uang, sandang, pangan, sembako, maupun bentuk lainnya secara sukarela tanpa dipaksa.

Total sumbangan dalam bentuk uang yang diperoleh adalah Rp. 1.591.000,00.  Sumbangan uang ini kemudian digunakan oleh OSIS sebagai dana belanja sembako dan keperluan harian lainnya seperti sabun, tisu, pasta gigi, sikat gigi, minyak, beras, dan masih banyak lainnya.

Selain uang, terdapat juga sumbangan berupa pakaian, tas, sepatu, dan mi instan yang diberikan oleh komunitas SMA Santo Yusup. Begitu luar biasa sikap saling peduli daripada komunitas SMA Santo Yusup.

Di dalam panti tersebut terdapat 12 orang, terdiri dari 10 anak-anak, 1 pemuda yang tergolong disabilitas, dan 1 balita. Selain itu juga ada 3 pengasuh yang tinggal di sana. Beberapa hari sebelum kunjungan tersebut, mereka sempat mengunjungi terlebih dahulu panti tersebut dengan alasan mengkonfirmasi kepada ketua panti akan kedatangan kami pada hari Jumat, 16 Juni 2023.

Kedatangan rombongan tersebut disambut dengan hangat oleh ketua panti, Ester Frans Egeten. Beberapa saat setelah rombongan itu duduk, Ester menceritakan kisah perpindahan lokasi panti tersebut. “Beberapa tahun sebelum panti ini pindah ke Poros, di mana dahulu panti ini berada di Balai dan meminjam salah satu rumah dari nenek yang salah seorang siswa SMA St Yusuf, yang hari ini juga ikut ke sini,” tutur Ester. Rumah nenek Sherlin yang kebetulan juga anggota OSIS itu sebagai tempat tinggal.

Jumat, 16 Juni 2023 pun tiba. Anak-anak OSIS, juga guru-guru berangkat menjelang jam satu siang. Tepatnya, pukul 12:45 WIB. Tampak, mereka  dengan membawa banyak sekali sandang, pangan, sembako, dan barang lainnya. Kegiatan yang mereka lakukan di sana bukan hanya sekedar memberikan sembako, namun kami juga mengadakan beberapa acara hiburan untuk anak-anak.

Acara-acara itu,   sepert,i permainan balon, tebak-tebakan mengenai Alkitab, murid-murid Yesus dan masih banyak permainan lainnya yang begitu seru dan diikuti dengan antusias oleh anak-anak di panti asuhan tersebut.

Lantas, Pembina OSIS SMA Santo Yusup, Pidawati Tarigan, pun akhirnya memberikan komentarnya atas kegiatan tersebut. “Setelah pengumuman siswa berprestasi SMASTY dan pembagian raport kenaikan kelas TP 2022/2023 maka kami anak-anak OSIS dan perwakilan dari Bapak Ibu Guru mengunjungi Panti Asuhan Jehovah Jireh Poros Karimun,” ungkap Pidawati.

“Dalam perjalanan, walau cuaca panas menyengat, tak membuat semangat kami patah. Karena di balik itu, ada semangat dari kami untuk membantu anak-anak panti dan betapa bahagianya mereka atas kunjungan kami,” ungkap Pembina OSIS lagi.

Menurut Pidawati, anak-anak Panti begitu Bahagia karena karena rombongan OSIS SMASTY bernyanyi, bermain games, dan membagikan snack kepada anak-anak itu. “Tuhan selalu memberkati anak-anak tersebut begitu juga dengan anak OSIS SMASTY. Tetap solid dan kompak. Semangat selalu dan Terimakasih, “pungkas Pembina OSIS SMASTY.

Inilah Komentar Ketua OSIS

Ketua OSIS SMA Santo Yusup, Bryan Kwok, juga memberikan komentarnya. “Pertama, ingin saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang sudah melaksanakan tugas dan kunjungan kali ini dengan luar biasa, sehingga seluruh hal dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkap Bryan Kwok.

“Kemudian, ingin saya apresiasi juga terhadap OSIS Bidang Kerohanian, dimana karenanya kita dapat membuat ide kunjungan panti ini menjadi realita yang dapat dirasakan oleh anak-anak panti,” imbuh Ketua OSIS.

Ketua OSIS juga merasa dan berterimakasih atas seluruh sumbangan yang sudah diberikan oleh bapak ibu guru, siswa-siswi dan orang tua siswa-siswi SMA Santo Yusup. “Harapan saya, kedepannya kita keluarga SMA Santo Yusup akan menjadi lebih solid, lebih kompak dan luar biasa dalam segala hal, terutama Tim OSIS SMA Santo Yusup, Audere Est Facere. Terima kasih untuk keluarga SMA Santo Yusup,” ungkap Bryan.

*Seluruh sumbangan diberikan secara simbolis oleh Koordinator OSIS Bidang Kerohanian, Sherlin Yemima Makalew, kepada ketua panti, Ester Frans Egeten.

Pihak panti asuhan dalam kunjungan ini juga mengungkapkan terimakasihnya kepada OSIS SMASTY. Ungkapan ini tersampaikan oleh salah satu pendeta di panti, Aneke Makawimbang. “Kami dari Panti Asuhan Jehovah Jireh secara khusus mengucapkan terima kasih banyak buat pihak SMA Santo Yusup, buat guru-guru beserta abang dan kakak yang sudah mengunjungi kami di panti asuhan,”

“Setiap pengorbanan, setiap pemberian yang sudah dibawa; Hiburan yang sudah disajikan buat anak-anak; Kami tidak bisa balas, tetapi satu yang dapat kami lakukan yaitu doa yang terbaik buat guru-guru, abang dan kakak serta SMA Santo Yusup. Sukses selalu,” pungkas Pendeta Aneke.  (***)

Kontributor : Bryan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.