Home » MPLS di SD Santa Maria Mentok, Awalnya “Bingung”, Selanjutnya Menyenangkan

MPLS di SD Santa Maria Mentok, Awalnya “Bingung”, Selanjutnya Menyenangkan

oleh Suwito

Mentok, YTKNews.id—- “Aku masuk ruang kelas mana ya?” begitulah celetuk salah satu peserta didik SD Santa Maria Mentok di awal tahun ajaran baru 2023/2024. Pembukaan awal tahun ajaran baru yang serentak diselenggarakan pada 10 Juli 2023 oleh sekolah-sekolah Yayasan Tunas Karya (YTK) itu ditandai dengan ragam ekspresi. Ada yang bersemangat. Ada yang kebingungan mencari ruang kelasnya. Ada yang bernostalgia bersama teman-temannya.

“Biasanya sudah ditempel daftar nama di kelas masing-masing. Tahun ini tidak. Sengaja dilakukan agar menjadi kejutan untuk anak-anak sekalian. Karena peserta didik di tingkat berikutnya diacak kembali di ruang belajarnya diharapkan dapat saling mengenal lebih akrab lagi satu sama lain, “ ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria di upacara pembukaan tahun ajaran baru.

Guru dan peserta didik tampak bersemangat dan ceria di hari pertama sekolah

Setelah mengikuti rangkaian upacara pembukaan tahun ajaran baru, baru lah diumumkan peserta didik di kelasnya masing-masing. Sontak sesi pengumuman ini diiringi sorak-sorai terutama peserta didik kelas 2-6. Kegiatan di masing-masing kelas berlangsung ceria. Mereka mengenal lebih akrab teman sekelas mereka dan berinteraksi dengan wali kelas barunya.
Sementara peserta didik kelas 1 tampak sangat semangat dengan wali kelasnya masing-masing mengikuti sesi pengenalan lingkungan sekolah. Tak ada satu pun ekspresi menangis yang umumnya ditemukan pada anak kelas 1 yang baru masuk sekolah. Dengan dipandu oleh wali kelas mereka tampak bahagia berlatih bermacam-macam tepuk semangat dan tata tertib sekolah.

Penyematan kepada peserta didik baru menandai pembukaan tahun ajaran baru 2023-2024

“Selama dua minggu ke depan, peserta didik kelas 1 akan mengikuti masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Jadi papa mama jangan takut anaknya sudah SD tetapi belum bisa calistung. Tenang, semua berproses dan ada masanya. Guru-guru SD Santa Maria akan siap mendampingi!” pungkas Kepala Sekolah Penggerak angkatan pertama itu. (suw/sfn)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.