Home » Semarak Pembukaan Porprov VI, Seniman Muda SMP Santa Maria Pancarkan Pesona

Semarak Pembukaan Porprov VI, Seniman Muda SMP Santa Maria Pancarkan Pesona

oleh Suwito

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Bangka Belitung tahun ini, menjadikan Bangka Barat sebagai Tuan Rumah untuk penggelaran acara Porprov VI Kepulauan Bangka Belitung.

Pembukaan Porprov menampilkan berbagai pertunjukan, salahsatu nya Tari Kolosal Binturong Menyongsong Kemenangan sukses memeriahkan pembukaan Porprov VI Bangka Belitung yang digelar pada tanggal 22 Agustus 2023 lalu.

Pertunjukan Tari Kolosal yang menghadirkan berbagai tarian daerah seperti campak, ngedulang timah, barongsai, Tari yang menggambarkan maskot Porprov VI Bangka Belitung yaitu Abang Turong ( Binturong ) juga dibawakan dalam tari kolosal ini. Pembawaan garapan musik ansamble yang dimainkan secara live untuk tarian ini, juga ikut menambah kemeriahan pada acara pembukaan Porprov VI Bangka Belitung.

Pembukaan Tari Kolosal itu diikuti oleh pelajar, mahasiswa, para seniman d Bangka Barat. Tak ketinggalan peserta didik SMP Santa Maria Muntok juga ikut berpartisipasi dalam acara pembukaan Porprov VI Bangka Belitung. Tidak hanya menari, para seniman muda SMP Santa Maria yang memiliki bakat dalam bermain musik pun ikut berpartisipasi dalam garapan musik pengiring Tari Kolosal tersebut.

Tidak hanya murid, Guru Seni SMP Santa Maria Muntok, Riko Zulkarnain juga ikut berpartisipasi dalam acara pembukaan Porprov VI Babel. Guru seni yang sudah malangmelintang sebagai musisi di Mentok ini ditunjuk sebagai pemain Akordeon pengiring tari yang melibatkan 500 pelaku seni di Bangka Barat tersebut..

“Kesempatan dalam kegiatan-kegiatan seperti inilah yang dapat menjadi pengalaman bagi siswa-siswi SMP Santa Maria. Maka dari itu melalui kegiatan inilah bakat-bakat yang dimiliki oleh berbagai siswa siswi SMP Santa Maria Mentok dikembangkan dan diasah agar dapat terus berkembang, “ tandas Riko Zukarnain.

Persiapan latihan yang sudah dijalani perserta didik SMP Santa Maria memang cukup melelahkan. Walaupun demikian, urusan sekolah tidak diabaikan oleh mereka.

” Lelah itu pasti. Tetapi kebanggaan sudah ikut menjadi bagian dari persembahan akbar ini rasaya tidak bisa dibeli dengan apapun. ” Ujar Marsya, siswa kelas 9 SMP Santa Maria yang menjadi penari pada pembukaan Porprov VI Babel dengan semangat.

Para penari dan pemusik yang diantaranya adalah siswa SMP Santa Maria Mentok

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada siswa siswi kami untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif, tetapi juga membantu mereka memperkuat keterampilan kolaboratif dan kerjasama tim. Saya berharap semoga keikutsertaan kami dalam ansambel musik ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk lebih memperhatikan pengembangan seni budaya di dalam program pendidikan mereka,” tandas Riko Zulkarnain dengan perasaan bangga.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.