Home » Ini Kemenangan Tim Gerak Jalan SD Santa Maria Mentok

Ini Kemenangan Tim Gerak Jalan SD Santa Maria Mentok

oleh Suwito

Semangat dan semarak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia begitu terasa di seluruh penjuru negeri. Di Mentok, Pulau Bangka, antusiasme ini masih terpancar dari berbagai acara resmi, tetapi juga dari partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan meriah. Salah satunya adalah Lomba Gerak Jalan yang digelar pada 12 September 2023.

Tim dari SD Santa Maria Mentok yang terdiri dari regu putra dan putri menjadi salah satu peserta lomba Gerak Jalan yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Meskipun mereka tidak meraih kemenangan dalam lomba ini, semangat dan dedikasi mereka tak pernah pudar. Penampilan mereka juga dinanti-nanti oleh masyarakat Mentok.

Dengan kostum yang menggambarkan semangat merah putih dan kostum biru putih yang melambangkan semangat juang mengangkasa, tim SD Santa Maria Mentok tampil dengan atraktif dan penuh semangat di tengah jalan utama kota. Mereka membawakan gerakan yang penuh kekompakan dan menyelaraskan langkah dengan lagu-lagu wajib nasional yang menggema. Penampilan mereka seolah menghidupkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Meskipun bukan pemenang, tim SD Santa Maria Mentok berhasil memenangkan hati penonton yang memadati pinggir jalan. Kedua regu berhasil menyelesaikan perjalanan sejauh kurang lebih 7 KM itu.

Kepala SD Santa Maria Mentok, Maria Susanti, mengungkapkan rasa bangganya terhadap tim yang sudah mempersiapkan diri sejak akhir Juli 2023 lalu. Ia menekankan bahwa yang terpenting bukanlah kemenangan, tetapi semangat dan rasa cinta terhadap negara.

“Kami sangat bangga dengan anak-anak kami. Mereka telah menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan masih berkobar dalam diri generasi muda. Apapun hasilnya, kita sudah berusaha yang terbaik. Tetap semangat para pelatih dan pendamping, ” pungkas Maria.

Maria juga berterima kasih kepada para pelatih, guru, pegawai, orang tua, komite dan seluruh siswa yang sudah berjuang dengan semangat. SD Santa Maria memang termasuk sekolah yang aktif dalam mengikuti berbagai ajang lomba di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Ia selalu menegaskan merdeka belajar dalam partisipasi siswa.

Regu Pria Gerak Jalan SD Santa Maria

“Juara itu bonus. Yang penting kalian sudah mengalahkan rasa minder kalian. Di sinilah sebenarnya kalian bisa belajar, terlepas hasilnya mau juara atau tidak,” ujarnya ketika memberikan Coaching kepada regu gerak jalan.

Tim SD Santa Maria Mentok mungkin tidak meraih piala juara dalam Lomba Gerak Jalan kali ini, tetapi mereka telah mengukir kenangan berharga dan menyebarkan semangat patriotisme kepada semua yang menyaksikannya. Makna Merdeka Belajar pun tersirat dalam keikutsertaan peserta didik SD Santa Maria itu.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.