Home » Ada Makanan Khas Bangka pada Peringatan HPS di SD Santa Maria

Ada Makanan Khas Bangka pada Peringatan HPS di SD Santa Maria

oleh Suwito

SD Santa Maria Mentok kembali menunjukkan komitmennya dalam mendidik peserta didik dengan nilai-nilai luhur Pancasila melalui proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada peringatan Hari Pangan Sedunia peserta didik dari kelas 6 dan 5 berkolaborasi dengan penuh semangat berkumpul dalam kelompok mereka meracik bumbu hingga menunjukkan keahlian mereka dalam memasak.

Kegiatan ini mempertemukan peserta didik dalam kelompok-kelompok kreatif untuk menciptakan makanan khas Bangka Belitung, yaitu Bakmie Bangka. Dalam semangat kolaborasi, mereka belajar untuk memahami betapa pentingnya kerja tim dan bagaimana berbagai elemen Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkolaborasi Mengolah makanan khas Bangka dengan penuh keceriaan

“Hari ini, kita melihat peserta didik kita menggabungkan nilai-nilai Pancasila dengan kegiatan praktis dalam pembuatan Bakmi. Ini adalah langkah nyata dalam membentuk karakter yang kuat dan menghormati perbedaan, serta menjaga keberagaman budaya kita. Kami bangga dengan semangat dan kerja keras peserta didik kami,” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria.

Selain menciptakan Bakmi yang lezat dan bergizi, peserta didik juga berbagi pengetahuan tentang budaya Bangka Belitung, sehingga mereka dapat memahami lebih dalam tentang kekayaan budaya daerah tempat mereka berdomisili. Mereka juga belajar bagaimana sebuah makanan diproses dengan tak mudah hingga bisa dinikmati di atas piring mereka.

“Kegiatan ini tidak hanya memperingati Hari Pangan Sedunia tetapi juga mendukung pengembangan karakter dan pengetahuan peserta didik dalam semangat Pancasila. SD Santa Maria terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai luhur bangsa demi masa depan yang lebih baik,” tambah Maria.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.