Home » Usung Tema Keberagaman Kuliner, SD Santa Maria Raih Kemenangan Gemilang

Usung Tema Keberagaman Kuliner, SD Santa Maria Raih Kemenangan Gemilang

oleh Suwito

Mentok, YTKnews.id—-“Kue…. Kue….!” Riuh sorak sorai ini terdengar di sepanjang jalan utama Kota Mentok. Hari itu, 28 Oktober 2023. Aktor sorak sorai itu, ternyata peserta didik, guru, karyawan dan beberapa perwakilan orang tua SD Santa Maria Mentok yang mengikuti Lomba Karnaval Budaya HUT Kota Mentok ke-289. Dengan jumlah peserta sebanyak 105 orang, SD Santa Maria Mentok menjadi barisan terpanjang pada Karnaval yang diikuti oleh 32 grup itu.

Penampilan yang atraktif dengan tema ‘Harmoni Rase Mentok’, SD Santa Maria Mentok berhasil meraih juara 1 pada karnaval yang diikuti oleh berbagai tingkatan sekolah, sanggar seni, serta berbagai instansi tersebut.

“Kebanggaan dan perjuangan yang berbuah manis. Terima kasih atas kolaborasi semua peserta didik, orang tua, komite dan guru serta staf pegawai!” ungkap Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Mentok usai pengumuman juara pada malam puncak Perayaan HUT 289 Kota Mentok di lapangan Gelora Mentok.

Ikon dan tema yang diusung tim Karnaval SD Santa Maria berbeda dari yang lainnya

Penampilan karnaval SD Santa Maria Mentok memang selalu dinanti oleh masyarakat. Pada karnaval budaya HUT Mentok tahun 2023 ini SD Santa Maria menampilkan berbagai replika Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional dari Kabupaten Bangka Barat seperti kue penganan pelite, kue bluder, pantiaw ubi dan lain-lainnya.

Konsep Mentok Kota 1000 Kue juga tervisualkan pada kostum-kostum kreatif yang ditampilkan. Kuali raksasa dengan dodol khas Desa Penyampak, Tempilang dan Desa Kundi, Simpangteritip dengan tradisi dodol bergema juga ikut menyita perhatian penonton. Tak ayal penampilan yang dinanti-nanti tersebut berhasil memukau para juri.

Apa yang ditampilkan oleh SD Santa Maria Mentok sesungguhnya bukan sekedar mengikuti lomba karnaval saja. Sejak awal tahun ajaran 2023, sekolah penggerak angkatan 1 ini sudah mempromosikan dan mensosialisasikan kearifan lokal di Bangka Barat kepada peserta didik lewat kegiatan P5. Memperkenalkan tarian tradisional, alat musik tradisional, pesta adat serta keahlian tradisional membuat kuliner sudah dekat dengan peserta didik.

Malam penutupan perayaan HUT Mentok ke-289 dengan penyerahakan hadiah lomba Karnaval Budaya

“Semua peserta bagus-bagus. Saingannya juga berat-berat dan totalitas dalam mempersiapkan penampilan masing-masing. Apalagi ini tingkat umum bukan jenjang SD saja. Jadi, saya sangat bersyukur atas pencapaian tim SD Santa Maria Mentok pada karnaval budaya kali ini,“ ujar koordinator karnaval SD Santa Maria Mentok. (suw/sfn)

Reporter : Suwito

Fotografer: Sanz Liu, Yudea Atalia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.