Home » Deteksi Sejak Dini, SMP Yos Sudarso Bentuk Satgas Antinarkoba

Deteksi Sejak Dini, SMP Yos Sudarso Bentuk Satgas Antinarkoba

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – Satuan tugas (Satgas) antinarkoba dikenalkan pada saat upacara bendera kepada seluruh warga sekolah SMP Yos Sudarso. Pengenalan ini bertempat di lapangan upacara SMP Yos Sudarso pada hari Senin, 16 Oktober 2023 setelah sebelumnya tim satgas resmi dilantik oleh Kepala BNNK Batam AKBP. NESTOR N SIMANIHURUK.S.I.K.M.H pada hari Selasa, 26 September 2023 lalu sebanyak 28 siswa.

SMP Yos Sudarso Batam mengadakan kerja sama dengan BNN berupa penandatanganan MOU serta membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba dalam upaya untuk pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba. Satgas memiliki tugas mengamati warga sekolah yang mungkin terlibat dalam penggunaan narkoba sesuai dengan ciri-ciri yang sudah mereka pelajari pada saat pelatihan. Jika ditemukan penyalahgunaan, maka siswa tersebut dapat melapor kepada Pembina BNN untuk ditindaklanjuti, sehingga terciptalah lingkungan Yos Sudarso yang bebas dari narkoba dan menjadi sekolah yang Bersinar (Bersih dari Narkoba) serta berani mengatakan tidak pada narkoba, War On Drugs.

Pelantikan Satgas

Dalam sambutannya, Kristian Sansum, S.Fil., sebagai penanggungjawab pembentukan satgas menegaskan, “Satgas SMP Yos Sudarso harus menjadi garda terdepan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah Yos Sudarso.”

Salah satu anggota satgas Tristan Ivander Herrald Silaen dari kelas 8.4 membagi cerita tentang tugasnya. “Tanggung jawab kami adalah memberitahukan kepada banyak orang tentang bahaya menggunakan narkoba dan sejenisnya di kehidupan kita. Kami sebagai satgas harus selalu disiplin dan serius dalam menjalankan tugas yang kami miliki agar semua orang terlebih khusus generasi muda bisa terhindar dari bahaya narkoba, karena kami ingin generasi muda adalah generasi tanpa narkoba”.

Lucia Indriwiyati, S.Pd., sebagai salah satu pembina satgas pun menambahkan bahwa pembentukan Satgas dapat membina karakter siswa untuk menjadi seorang pemimpin, tanggungjawab terhadap tugas. Diakhir pengenalan, Ketua Satgas Gracious Resnapatih mengajak seluruh warga sekolah untuk menyuarakan dengan lantang “Speed Up Never Give Up, War On Drugs”.

Penulis : Fransiska Noviani Leli Naru

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.