Home ยป TK Xaverius dan TK Santa Maria Berbagi Pengalaman Pembelajaran yang Inspiratif!

TK Xaverius dan TK Santa Maria Berbagi Pengalaman Pembelajaran yang Inspiratif!

oleh Suwito

Pada Rabu, 27 September 2023, suasana di TK Xaverius menjadi begitu istimewa karena menerima kunjungan guru-guru dari TK Santa Maria Mentok. Kunjungan ini adalah bagian dari upaya untuk berbagi praktik baik dalam pembelajaran dan meningkatkan wawasan pendidikan antar sesama guru.

Anak-anak lucu dan menggemaskan dari TK Xaverius dengan senyuman hangat menyambut para guru dari TK Santa Maria. Setelah momen bersenda gurau dan berbagi cerita, rombongan kesempatan unik untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pembelajaran di TK Xaverius berlangsung. Semangat dan antusiasme anak-anak TK Xaverius begitu terpancar saat mereka belajar dan mengenal wajah-wajah guru yang baru bagi mereka.

Guru TK St Maria berkesempatan untuk melihat proses pembelajaran di TK Xaverius

Setelah melihat dengan seksama proses pembelajaran di TK Xaverius, para guru dari TK Santa Maria merasa sangat terkesan. Tampak para guru sudah menampilkan metode pengajaran yang efektif. Kunjungan ini tidak berhenti hanya pada itu saja. Setelah anak-anak pulang, para guru berkumpul untuk berbagi pengalaman dan wawasan tentang proses pembelajaran di sekolah.

Sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan merdeka belajar, memantau perkembangan pembelajaran peserta didik adalah hal yang sangat penting. Para guru mengevaluasi pencapaian pembelajaran peserta didik secara cermat. Kunjungan ini membuka mata terhadap banyak ide baru yang dapat diterapkan di TK Santa Maria, salah satunya adalah pelaksanaan pembelajaran berdasarkan minat anak-anak.

“Setelah melihat langsung proses pembelajaran ini, dapat menambah pengalaman secara langsung, melihat beragam pendekatan pembelajaran yang berdiferensiasi, anak-anaknya juga begitu tertib, dan guru-gurunya sangat ramah dan hangat dalam menyambut kami,” ujar Restu Hutasoit, Guru TK Santa Maria.

Selama pertemuan, para guru juga berbagi pandangan tentang kriteria penilaian formatif dan sumatif serta pembuatan modul ajar. Para guru dari 2 TK tersebut mendiskusikan peran penting asesmen dan umpan balik dalam proses pembelajaran, menyadari bahwa perlu adanya keseimbangan antara jaminan kualitas dan mendukung minat pembelajaran anak-anak.

“Semoga di waktu yang akan datang, kami dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini di TK lainnya untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kami dalam dunia pendidikan anak usia dini, sehingga kami dapat terus meningkatkan kompetensi kami dalam tugas mulia ini,” tambah Restu.

Sesi berbagi pengalaman

(Reporter: Biora Gracia)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.