Home » Menerapkan Pembelajaran Kontekstual, Murid TK Santa Bernadeth Tanjungpinang Belajar Masak Jeli

Menerapkan Pembelajaran Kontekstual, Murid TK Santa Bernadeth Tanjungpinang Belajar Masak Jeli

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Unik, ada yang berbeda pada pembelajaran kali ini, dengan sub topik pembelajaran Makanan dan Minuman Kegemaran Ibu, Murid TK Santa Bernadeth belajar masak jeli di sekolah, Jumat 3 November 2023.

Ada banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi anak usia dini salah satunya yaitu kegiatan memasak. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak.

Kali ini guru TK Santa Bernadeth menyediakan alat-alat untuk memasak jeli. Seperti kompor gas, panci, air, gula, nutrijel, dan tempat-tempat kecil yang digunakan untuk mencetak nutrijel. Siwi Hartanti selaku guru kelompok B2 menjelaskan langkah demi langkah cara membuat nutrijel agar nutrijel yang dimasak menjadi enak, segar dan bermanfaat bagi tubuh. “Anak-anak antusias mendengarkan dan ingin mencoba membuat nutrijelnya sendiri,” ujar Siwi.

Satu persatu anak- anak mencoba membuat nutrijel mulai dari menghitung takaran air yang akan digunakan membuat nutrijel, mengaduk nutrijel sebelum dimasukan, memasukan gula ke dalam nutrijel, dan mengaduk nutrijel sampai mendidih.

“Ibu saya mau membantu Ibu memasukan nutrijel ke tempat cetakannya”, kata Dean murid kelas B2. Setelah selesai, seluruh murid pun ikut memakan jeli yang sudah masak.

Siwi Hartanti mengatakan kegiatan pembelajaran kontekstual ini dilaksanakan agar anak dapat belajar dengan media yang sebenarnya dan berharap agar anak-anak dapat membuat sendiri jeli bersama orang tua di rumah. (mil)

Kontributor: Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.