Home » Penuh Antusias, Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Santo Paulus II, Menjadi Komunitas yang Kreatif dan Memerdekakan

Penuh Antusias, Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Santo Paulus II, Menjadi Komunitas yang Kreatif dan Memerdekakan

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Rekoleksi berasal dari bahasa Inggris “ recollect” yang berarti mengingat kembali atau mengumpulkan kembali. Rekoleksi merupakan salah satu proses yang digunakan untuk mengetahui atau menggali masa lalu dari seseorang dengan cara memanggil kembali memori dari masa lampau seseorang terhadap suatu kejadian tertentu pada masa hidupnya. Seluruh guru dan karyawan SD Santo Paulus II Pangkalpinang mengikuti rekoleksi secara tatap muka, Senin 13 November 2023 pukul 08.00 – 11.00 WIB. Rekoleksi mengangkat tema “Menjadi Komunitas yang Kreatif dan Memerdekakan”. Rekoleksi kali  ini dibimbing oleh Suster Lusi, KKS selaku narasumber.

“Rekoleksi yang dilaksanakan ini bukan bermaksud untuk menggurui Bapak dan Ibu Guru akan tetapi lebih mengarah kepada suatu bentuk penyegaran, yakni kesempatan untuk merenung dan memaknai kembali korelasi yang telah dibangun selama ini sebagai sebuah komunitas yang kreatif dan memerdekakan”. pungkas Suster Lusi saat mengawali rekoleksi.

Suster Lusi selaku narasumber pun, mengajak peserta rekoleksi untuk mau belajar dari kehidupan Santo Paulus sebagai sosok yang kuat dan memiliki daya juang meski ia mengalami banyak tekanan. Semangat inilah yang mendorong dirinya untuk terus maju dan berinovasi.

Pada kenyataannya tidak mudah bagi guru untuk keluar dari zona nyaman apalagi dunia pendidikan sekarang menghendaki setiap pribadi terus berkreasi dan berinovasi. Kreatifitas menjadi keharusan bila ingin maju. Sejauh mana kreatifitas tersebut terbangun dalam diri setiap pribadi, antar sesama guru dan karyawan. Agar kreatifitas menjadi efektif tentu membutuhkan sikap saling percaya antar anggota, kolaborasi, komunikasi yang terbuka, saling berbagi, karena itulah solusi terbaik untuk mencapai sukses.

Penulis: Agung

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.