Home » Begini Strategi Jitu SMAKYS Dampingi Persiapan SNBP

Begini Strategi Jitu SMAKYS Dampingi Persiapan SNBP

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id-  SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP adalah salah satu jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru yang digunakan di Perguruan Tingggi Negeri . Pada 28 Desember 2023  SMAKYS sudah menerima pengumuman kuota untuk undangan masuk jalur SNBP. SMA Katolik Yos Sudarso Batam  yang merupakan sekolah dengan akreditasi A, mendapatkan kuota 40% siswa eligible dan berkesempatan untuk memilih jalur tersebut. 146 siswa eligible akan bertarung menggunakan peluang yang diberikan.

suasana pendampingan

Berbagai strategi telah ditempuh untuk memberikan pendampingan pada para siswa. Dimulai dari memberikan sosialisasi tentang program SNBP baik kepada siswa maupun orang tua. Harapannya semua siswa bisa memahami jalur SNPMB dan termotivasi untuk melakukan persiapan.  Untuk kelanjutannya, ada tim yang ditunjuk sekolah menjalankan ini yakni tim struktural, tim BK sekolah yang inten berkolaborasi dengan humas sekolah hingga para alumni.  

“SMA Yos Sudarso sangat totalitas dalam pendampingan ini, seluruh civitas akademik Yos Sudarso terlibat penuh dan mendukung yakni dari perizinan, dukungan pemikiran dan juga tenaga dari pimpinan beserta jajaran strukturalnya,” ujar Rosa Irawati, M.Pd., salah satu guru BK SMAKYS ketika ditanyai tentang kesaannya terhadap SNPMB ini. Ia juga menambahkan bahwa sangat terlihat   kepedulian guru untuk mengingatkan para peserta didik bijak membuat pilihan antara studi di PTN atau mengejar beasiswa di luar negeri agar tidak menyulitkan adik-adiknya di masa depan. Ada banyak dukungan yang diberikan oleh sekolah untuk para siswa. Diantaranya Kemudahan perizinan peserta didik yang melakukan konsultasi pemilihan PTN maupun proses verifikasi nilai.  “Para peserta didik juga bersemangat untuk mencari informasi dan saling mengingatkan teman-teman sejawatnya bahkan ada yang membantu pembuatan akun dan proses lainnya, tak lupa dukungan alumni yang kuliah di PTN untuk memberikan gambaran kehidupan perkuliahan serta strategi yang bisa ditempuh untuk memperluas kesempatan lolos SNBP,” ujarnya lagi.

Tim BK pun belajar terus-menerus untuk memperbaharui pengetahuan diri tentang regulasi terbaru dan juga mencari cara baru agar proses persiapan berjalan dengan baik“.  Operator sekolah yakni Fancianus Hermanto,S.M., pun tak kalah penting perannya untuk mempersiapkan siswa memasuki pendaftaran SNBP.  “Sebagai operator sekolah yang terlibat dalam persiapan SNBP, pengalaman ini mungkin telah memberikan wawasan baru tentang pentingnya kolaborasi, peningkatan mutu, keterlibatan pihak-pihak terkait, kesadaran akan standar mutu, dan perubahan budaya sekolah,” ujarnya. 

Dalam proses pendampingan siswa dikumpulkan kembali secara inten mulai dari pendampingan penentuan jurusan, universitas yang dituju serta pendampingan untuk verifikasi data yang akan diinput. Tentu hal ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian baik guru pendamping maupun para siswa. Diusahakan seoptimal mungkin jalan yang ditempuh para pendamping untuk memfilter kesalahan data.

“Dengan rentetan proses yang telah menguras tenaga, waktu dan pikiran ini, tentu banyak pihak yang juga mendoakan agar tahun 2024 akan lebih banyak yang lolos di SNBP serta mengharumkan nama sekolah di tengah masyarakat”, ujar Sumiyati, S.Pd., M.M., selaku kepala SMAK Yos Sudarso. 

 

Penulis : Sumiyati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.