Home » Antusiasme SD Paulus 1 Sambut Perayaan Imlek dan HUT Santo Pelindung

Antusiasme SD Paulus 1 Sambut Perayaan Imlek dan HUT Santo Pelindung

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id –Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa, perayaan tahun baru Imlek jatuh pada bulan Februari 2024.  Imlek adalah tradisi pergantian tahun seluruh etnis Tionghoa apapun agamanya merayakan Imlek. SD Santo Paulus 1  merayakan Imlek  dan perayaan HUT Santo Pelindung sekolah selama tiga hari yakni hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, 15, 16, dan 17 Februari 2024.

Dalam perayaan Imlek ini diadakan aksi solidaritas dan  aneka lomba  untuk  peserta didik TK, peserta didik SD dan orangtua. Adapun lomba tersebut adalah mewarnai dan menulis tegak bersambung untuk peserta didik SD, mewarnai untuk peserta didik TK, memasak berbahan ikan untuk orangtua, fashion show untuk peserta didik dan orangtua, pentas seni, dan  barongsai

Aksi solidaritas sudah dibagikan untuk siswa dan masyarakat kurang mampu di sekitar SD Santo Paulus 1 pada hari Rabu tanggal 7 Februari 2024. Lomba mewarnai dan menulis tegak bersambung untuk peserta didik SD dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Februari 2024.

Jumat (16 /02/2024)  diadakan lomba  berikutnya yaitu Lomba  Mewarnai untuk anak TK, dengan jumlah peserta kurang lebih 79 dari 4 sekolah TK yang  mengikuti lomba mewarnai. Aminah, selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan lomba mewarnai ini sangat penting dan sangat dibutuhkan agar mereka mengerti cara memadukan warna di setiap gambarnya dan menambah kreativitas serta imajinasi mereka. Kegiatan mewarnai berjalan dengan lancar dan disambut antusias baik oleh para anak-anak TK  yang senang mengikuti lomba mewarnai dan juga para orang tua, dan guru pendamping. Setelah lomba selesai peserta diberikan snack atau jajanan kecil dan minuman. Lomba mewarnai ini juga merupakan kegiatan open house yang merupakan sarana untuk mempromosikan sekolah. TK yang diundang pada kegiatan lomba ini ada 7 TK.

Sembari menyaksikan lomba mewarnai untuk anak TK, para orangtua siswa yang didominasi oleh ibu-ibu mengikuti lomba memasak dengan bahan ikan. Ibu-ibu terlihat sangat senang dan semangat untuk menghasilkan makanan yang terbaik.

Sabtu (17/02/ 2024) diadakan kegiatan lomba fashion show antar kelas dengan peserta orangtua dan anak. Mereka menampilkan gerakan fashion show dengan sangat memukau dewan juri dan penonton. Setelah kegiatan fashion show dilanjutkan dengan pentas seni yang menampilkan lagu-lagu bernuansa imlek dan dance. Hal ini menjadi wadah untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik serta mengasah keterampilan dalam bernyanyi dan menari. Seluruh rangkaian Perayaan HUT Santo Pelindung dan Imlek Bersama ditutup dengan pengumuman para juara dan penampilan barong sai Guang Sheng.

Natalia Murwantini, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah berharap aksi solidaritas dan open house dapat dijadikan agenda tahunan.

Penulis: Hero

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.