Home » SMP Santa Maria Kirim 4 Guru ke SD Santa Maria, Ada Apa

SMP Santa Maria Kirim 4 Guru ke SD Santa Maria, Ada Apa

oleh Suwito

Mentok, YTKNews.id – Ada kejutan seru di hari Kamis, 29 Agustus 2024! SMP Santa Maria mengirim empat guru ke SD Santa Maria, Apa yang sebenarnya terjadi di balik kunjungan ini?

Keempat guru SMP yang diutus, yaitu Riko Zulkarnain, Kamilus Kisa, Hotmaria Menanti, dan Ernita Munte. Keempat guru tersebut diberikan tugas untuk menjadi Pembina Pramuka di SD Santa Maria. Hal ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Yayasan Tunas Karya, yakni YTK Mengajar.

Siang hari, mereka tiba dengan penuh semangat dan disambut meriah oleh peserta didik SD Santa Maria di gerbang sekolah. Suasana ceria segera tercipta saat mereka memulai kegiatan dengan sesi ice breaking yang menghibur, di mana mereka bersama-sama bernyanyi dan menari, menciptakan momen hangat sebelum materi inti dimulai.

Keempat guru SMP Santa Maria yang menjadi pembina di Ekstrakurikuler Pramuka SD Santa Maria kali ini membawakan materi tentang tali-temali, khususnya cara membuat simpul pangkal dan simpul jangkar. Meskipun ada beberapa murid yang awalnya mengalami sedikit kesulitan, semangat adik-adik penggalang SD Santa Maria untuk belajar tetaplah tinggi. Gracia, salah satu murid penggalang, mengungkapkan antusiasmenya, “Senang, tapi yah agak-agak kurang paham sebelumnya. Tapi makin lama makin paham karena dibantuin teman. Seru juga karena bisa belajar simpul baru.”

Ernita Munte, salah satu pembina yang memimpin sesi, berbagi kesannya, “Perasaannya senang sekali melihat antusiasme adik-adik penggalang yang luar biasa. Mereka langsung berlomba-lomba untuk membuat simpul pangkal dan simpul jangkar. Mereka yang sudah bisa juga saya minta untuk mengajari teman-temannya yang masih bingung. Melihat mereka saling membantu membuat saya semakin bersemangat.”

Riko Zulkarnain juga menambahkan, “Kegiatan Pramuka di SD ini sangat seru dan menyenangkan. Adik-adik penggalang SD tampak semangat mengikuti latihan. Beberapa di antara mereka cepat memahami simpul yang diajarkan dan membantu teman-teman yang belum bisa. Waktu terasa cepat berlalu saat mereka asyik dan sibuk membuat simpul.”

Program YTK Mengajar ini menunjukkan betapa pentingnya kerja sama antara SMP dan SD Santa Maria. Keberhasilan kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antara kedua sekolah, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kebersamaan dan semangat belajar yang berharga. Pramuka, lebih dari sekadar kegiatan ekstrakurikuler, menjadi sarana untuk membentuk karakter dan kebersamaan sejak dini.

Reporter: Tarsisius & Jessica

Anda mungkin juga suka