Home » Bangkitkan Jiwa Berkarakter Lewat Pramuka di SD Paulus 1 Pangkalpinang

Bangkitkan Jiwa Berkarakter Lewat Pramuka di SD Paulus 1 Pangkalpinang

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan. Pramuka memang terlihat tidak terlalu populer di generasi saat ini. Padahal, dibalik citra sederhana dan kepanduan yang dimilikinya, terdapat manfaat yang luar biasa dari organisasi ini bagi pemuda Indonesia.

Oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63, SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang menggelar upacara  Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2024 yang berlangsung di halaman sekolah SD Santo Paulus 1 diikuti oleh 6 regu putra dan 6 regu putri terdiri dari murid kelas V dan VI beserta kakak-kakak Pembina. Upacara bendera dipimpin Pratama Viola Florenza kelas VIA. Susunan upacara bendera selain pengibaran bendera merah putih, pembacaan Dasa Dharma Pramuka oleh Fiorent Clarissa,  dan amanat dari kakak Pembina. Herman Susanto selaku Kakak Pembina Pramuka, dalam amanatnya menyampaikan pesan penting tentang peran Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berkualitas.

“Sebagai seorang praja kita dituntut memiliki kedisiplinan yang tangguh, kuat, dan juga berkualitas, bukan untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Pramuka merupakan wadah bagi generasi muda untuk belajar tentang kepemimpinan, kepedulian terhadap lingkungan, dan rasa solidaritas terhadap sesama. Mari kita tingkatkan semangat rasa sosial yang tinggi, peduli terhadap orang lain, lebih dari diri sendiri. Dalam kitab suci dikatakan kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Ketika kalian berbuat baik kepada orang lain, kalian juga berbuat baik terhadap diri sendiri. Ketika kalian menghargai orang lain, kalian sedang menanam kebaikan untuk orang lain walaupun tidak berharap orang lain akan menghargai kita. “, ujar Herman Susanto

Sementara itu, Viola  salah satu siswa kelas VIA, mengatakan senang, bangga, dan juga deg degan karena ditunjuk menjadi pratama dalam upacara bendera.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris berbaris yang mempunyai beberapa manfaat yaitu : menumbuhkan rasa disiplin dan kebersamaan, meningkatkan daya konsentrasi dan melatih solidaritas.

Penulis: Hero

Anda mungkin juga suka