Home » SMP Yos Sudarso Batam Gelar LDK Osis dan Pramuka

SMP Yos Sudarso Batam Gelar LDK Osis dan Pramuka

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan tahap selanjutnya dari pemilihan pengurus OSIS baru. Jika pada tahun sebelumnya di SMP Yos Sudarso, LDK hanya diperuntukkan untuk calon pengurus OSIS baru. Namun tahun ini di konsep berbeda yakni LDK gabungan calon pengurus OSIS baru dan Dewan Penggalang Pramuka yang dilakukan di lingkungan sekolah.

Tahun ini LDK menggambil tema ‘Kaderisasi untuk Mewujudkan Bibit Penerus Organisasi yang Disiplin, Bertanggung Jawab, Berpikir Kritis, Berbudi Pekerti Luhur dan Berwawasan Luas.’

Ketua pelaksana kegiatan ini, Indra Walden Septian Saragih, S.Pd yang juga Pembina OSIS mengatakan untuk membekali siswa dalam mencapai hal tersebut maka panitia sudah menyiapkan beberapa materi berkualitas dan pemateri yang berpengalaman di bidangnya.

Latihan ini bertujuan untuk melatih kekompakan, kebersamaan, kekeluargaan dalam sebuah organisasi. Melalui kegiatan ini, diajarkan bagaimana menjadi seseorang pemimpin yang baik dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam sebuah organisasi, tanpa mencapur adukkan dengan masalah pribadi masing masing.

Managemen OSIS dan Pramuka dilatih bagaimana seorang pemimpin memecahkan masalah dalam sebuah organisasi dengan rasa kekeluargaan tanpa mementingkan ego pribadi melalui musyawarah bersama.

Tidak hanya belajar tentang organisasi, tetapi juga di ajarkan arti kebersamaan dan kekeluargaan melalu kegiatan tersebut. Dalam LDK kali ini lebih fokus pada pemanfaatan teknologi sebagai sarana dan prasarana, yang dapat mendukung sebuah tujuan bersama dari subuah organisasi.

Tujuan lain yang bisa di petik membekali pelajar untuk beraktivitas nyata di organisasi sekolah dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan keorganisasian yang mumpuni, menumbuhkan jiwa kepemimpinan sehingga mampu mengatur diri dan lingkungannya, menanamkan dasar dasar ilmu manajemen organisasi sehingga remaja memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keahlian untuk berperan aktif di organisasi sekolah serta memiliki self biologing yang tinggi terhadap organisasi sekolah.

Siswa diharapkan mampu mengembangkan dan membantu pihak sekolah dalam mengembangkan sekolah agar lebih maju dengan berbagai prestasi dan dilatih merancang sebuah kegiatan yang dapat dijadikan sebagai tempat atau wadah yang dapat mengembangkan prestasi, kreasi, dan inovasi yang dapat menunjang kemampuan mereka.

Dari LDK ini pengurus OSIS dan Pramuka belajar arti kebersamaan, jiwa korsa, kekeluargaan, memecahkan masalah dengan musyawarah, meninggalkan kepentingan pribadi demi sebuah organisasi yang kelak akan menjadi bekal setelah anak didik lulus nanti.

Kegiatan ini akan terus berlanjut ke anggota baru osis berikutnya yang akan berganti setiap satu tahun sekali, demi membantu memajukan sekolah.

Nampaknya, bukan hanya melalui prestasi SMP Yos Sudarso Batam dikenal masyarakat tetapi juga karena kinerja osisnya yang mampu mengembangkan kreativitas siswa di sekolah dan juga karena berbagai pencapaian yang didapatkan.

Hal ini dapat tercapai dengan terus menjaga kekompakan, kebersaman dan kekeluargaan yang tetap terjaga. Karena sebuah kenanggan yang sangat berharga yang pasti akan di rindukan diingat sebagai kenangan manis bersama dalam membentuk karakter dalam berorganisasi di lingkup sekolah. *(nys)*

Penulis : Indra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.