Home » Guru SMP Theresia dan SMA Yosef Pangkalpinang Upgrade Ilmu Sinematografi di Tangerang

Guru SMP Theresia dan SMA Yosef Pangkalpinang Upgrade Ilmu Sinematografi di Tangerang

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Di era digital teknologi yang menjadi pusat dari kemajuan dunia, membuat masyarakat harus beradaptasi dengan pola perubahan zaman yang bergantung pada teknologi. Demikian hal nya dalam dunia pendidikan, teknologi menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan kreatifitas para peserta didik.

Dengan memanfaatkan teknologi fotografi gambar bergerak, tentunya di era digital yang semakin canggih, SMA Santo Yosef Pangkalpinang memberikan wadah untuk para siswa dan siswi dalam mengembangkan kemampuan pada bidang sinematografi. Salah satunya sinematografi dapat dipelajari anak anak dalam proses menangkap dan membuat film, iklan hingga video game.

Sinematografi dirasa sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik, karena tidak hanya sekedar membuat film saja, tapi siswa juga dapat menyampaikan pesan informatif, moral, dan motivasi ke khalayak ramai.

Melihat peluang ini, tentunya guru SMP Theresia dan SMA Yosef ingin mengembangkan kemampuan siswa siswi dalam bidang sinematografi. Hal itu terbukti ketika bapak dan ibu guru ini terlebih dahulu meningkatkan ilmu pada bidang ini. Alexia Dea Ariyanti, S.Pd, Vinsensius Julio, S.Kom dan Fransiskus Tri Subakti, S.Pd mengikuti pelatihan sinematografi pada tanggal 11 sampai 15 Juli di Tangerang yang difasilitasi oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Dalam pelatihan yang dilakukan selama kurang lebih seminggu ini, ketiga guru yang diutus mempelajari banyak hal. Pada hari pertama mempelajari tentang basic camera, teknik fotografi, praktik fotografi, dan review praktik fotografi.

Tak hanya itu, pada hari kedua dilanjutkan mempelajari tentang pembuatan film yang diawali dengan membuat script, logline, statement, dan penjelasan job desc dalam film. Hari ketiga mempelajari tentang alat-alat produksi seperti camera, lighting, dan sound, dan praktik shooting.

Hari terakhir mempelajari tentang workflow editing menggunanakan adobe premiere pro dan penjelasan tentang editing sound menggunakan adobe audition.

Vinsensius Julio sebagai salah satu guru yang mengikuti pelatihan berharap dengan mengikuti kegiatan ini, ilmu yang diperoleh dapat dibagikan kepada siswa siswi.

“Saya berharap siswa siswi nantinya menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membuat video atau film. Apalagi di era digital ini, pembuatan video sangat penting. Bisa mereka gunakan untuk membuat konten youtube, membuat tugas, atau pun ikut perlombaan,” ungkap Vinsensius. *(nys)*

Penulis : Dea

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.