Home » SMP Hilarius Didatangi Oleh Kepolisian dan Puskesmas Parittiga

SMP Hilarius Didatangi Oleh Kepolisian dan Puskesmas Parittiga

oleh humas YTK

Parittiga, YTKNews.id – Sudah menjadi kewajiban bagi siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolahnya dengan baik, karena sekolah merupakan tempat mereka belajar, beraktivitas dan berinteraksi dengan para guru. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP St Hilarius mengangkat tema ‘Mengali Potensi Diri dan Menjadi Pelajar Mandiri dan Berkarakter.’

Pada MPLS tahun ini, SMP Hilarius bekerja sama dengan Polsek Parittiga dan Puskesmas dalam menyampaikan materi kepada peserta didik baru.

Acara ini dipandu langsung oleh tenaga pendidik, Fransisca Putri Wulandari, S.Pd dan kakak OSIS, Travis Steven Chandra, dengan jadwal yang disusun bersama agar kegiatan berjalan dengan, ceria, menyenangkan dan tidak ada unsur bullying.

MPLS dilaksanakan selama tiga hari dimulai hari Senin, 11 Juli 2022 sampai hari Rabu, 13 Juli 2022 dengan total 47 peserta didik baru.

Hari pertama kegiatan diawali apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dan dilanjutkan pembagian kelompok, penyampaian tata tertib MPLS, sosialisasi tugas membuat yel-yel kelompok dan name tag masing-masing peserta.

Hari kedua kegiatan MPLS lebih ditekankan pada pembentukan diri dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat. Istimewannya materi diberikan langsung oleh pihak Polsek Jebus dengan materi leadership/napza dan diselingi dengan games seru seperti, rebut kursi, pesan berantai, dan lain-lain.

Hari ketiga, materi kesehatan remaja diberikan oleh pihak Puskesmas Parittiga yang memaparkan pentingnya perbedaan antara remaja laki laki dan perempuan.

“Kalian kan sudah menginjak masa awal remaja, jadi kalian harus tahu, ciri-ciri remaja putra dan putri. Materi kesehatan bagi remaja ini mudah-mudahan bisa memberikan wawasan baru dan jangan panik bagi yang putri” kata Citra Wulandari, selaku petugas Puskesmas.

Selesai materi dari petugas Puskesmas, peserta MPLS juga diberikan games. Games kali ini bersifat outdoor, seperti si bisu menuntun si buta, permainan menumpuk kaleng, dan fashion show terbuat dari koran berdasarkan hasil rancangan kelompok masing-masing.

Dika Restiyan Sari, S.Si berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengenalkan siswa dengan lingkungan barunya.

“Mengingat MPLS menjadi gerbang bagi siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah mereka yang baru, maka tahun ini MPLS kita harus berkesan bagi calon siswa baru,“ tutur Dika.

“Kami sangat senang mengikuti kegiatan MPLS ini karena selain bisa mengenal lingkungan sekolah, kami juga mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat,” kata Villencia Aripin, salah satu peserta MPLS.  *(nys)*

Penulis : Sigit Kristiawan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.