Home » Tak Dsangka, Area Baca TK St Bernadeth Disulap Jadi “Toko Buku” Oleh Anak-Anak

Tak Dsangka, Area Baca TK St Bernadeth Disulap Jadi “Toko Buku” Oleh Anak-Anak

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungpinang, YTKNews.id—Menjadi kreatif tidak harus menunggu dewasa. Menjadi kreatif juga tidak harus menunggu sekolah di level yang tinggi. Percayakah jika hari ini kami anak – anak yang masih belajar  di kelompok A mampu menciptakan kegiatan yang kreatif ?

Hari itu, Kamis, 8 Desember 2022. Di saat itu, ada jadwal bagi anak–anak kelompok A di TK Santa bernadeth Tanjungpinang masuk area baca. Mereka ingin belajar dan mengenal dunia luas melalui membaca buku, melihat gambar-gambar di buku cerita. Mereka juga belajar bercerita dengan bahasa sendiri tentang gambar yang dilihatnya.

Setelah anak–anak belajar di kelas, mereka mulai merapikan kelas dan menuju ke area baca. Setelah sampai di area baca dan anak-anak duduk untuk membuat kesepakatan.

Lantas, tiba-tiba Axella berujar secara mengejutkan. “Hari ini saya mau jualan buku saja, saya tidak membaca tetapi mau menjual buku–buku ini, “ katanya.

“ Saya juga, saya mau jual buku di sebelah sini,” sambung Hilarius.

mereka sedang di area baca

Akhirnya mereka berdua memilih berjualan buku. Dan Ketika, tidak seorangpun teman yang memperhatikan mereka, Axel dan Hilarius pun mulai berteriak menawarkan dagangannya supaya ada pembeli yang datang. Teriakan Axel dan Hilarius pun menuai hasil. Akhirnya beberapa teman mulai datang dan membeli buku – buku mereka.

Nah, ternyata anak usia TK Kelompok A juga bisa menuangkan ide kreatifnya mampu menciptakan kegiatan yang menyenangkan.

“Kita sebagai guru harus mendukung kreatifitas anak seperti ini. Mereka sebenarnya memiliki banyak ide dan keinginan,” tutur Kepala Sekolah TK St Bernadeth Tanjungpinang, Satah Wahyuningsih.

“Ternyata di area baca mereka tidak hanya membaca atau melihat- lihat buku, tapi mengembangkan literasi,” ujar Kepala Sekolah lagi.

Ketika mereka menawarkan dagangan, kata Sarah, mereka menjalin kata-kata menjadi kalimat yang baik yang menarik teman-temannya untuk membeli. (sfn)

Penulis   :   Cicilia Siwi Hartanti, S. Pd.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.