Home » SMA Santo Yosef Sukses Gelar Pemilu Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

SMA Santo Yosef Sukses Gelar Pemilu Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

oleh Alexia Dea Ariyanti

Jumat (01/09/2023) – Penguatan profil pelajar dalam konteks Pancasila adalah suatu upaya untuk memperkuat pemahaman dan kesadaran peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dalam hal ini, SMA Santo Yosef berhasil melaksanakan Proyek P5 pada tanggal 28 Agustus 2023 – 01 September 2023.

Ada yang berbeda pada Proyek P5 kali ini karena bertepatan dengan pemilihan Ketua OSIS SMA Santo Yosef. Pemilihan ini dilakukan dengan pemungutan suara dalam kelas. Proyek P5 kali ini mengambil tema Suara Demokrasi dengan tajuk “Suaraku Pilihanku”.

“Tema ini diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.” ujar Willy Wihelmus Suluh selaku koordinator Proyek P5 Kelas 11.

Membuat Poster
Membuat Poster

Kegiatan ini juga dirangkai dengan dinamika lainnya yaitu diskusi kelompok, membuat video (Tiktok) dengan media kekinian, membuat Yel – yel, membuat poster, dan menyanyikan lagu wajib serta lagu bergenre Pop dengan semangat Pancasila.

“Melalui kegiatan tersebut siswa diajak untuk berpikir kritis tentang nilai-nilai Pancasila. Selain itu sebagai ajang untuk menggali pemahaman lebih dalam tentang konsep-konsep Pancasila.” pungkas Ery Ciptartoadi Purnomo koordinator P5 Kelas 10.

Pesta Demokrasi yang dilakukan oleh Keluarga Besar SMA Santo Yosef  yaitu OSIS juga yang bisa menjadi wadah untuk melatih keterampilan kepemimpinan dan berpartisipasi dalam proses demokrasi. Melalui organisasi siswa, mereka dapat memahami bagaimana mengatur pemilihan ketua OSIS atau representatif siswa.

Dalam rangkaian agenda itu diisi dengan diskusi di kelas-kelas dan debat Calon Ketua Osis di GOR. Hal ini membantu siswa memahami berbagai pandangan politik. Dalam beberapa pekan sebelumnya juga di mulai dengan kampanye siswa melalui akun Instagram OSIS SMA Santo Yosef Pangkalpinang.

SMA Santo Yosef sebagai sekolah memainkan peran penting dalam pendidikan politik. Peseta didik perlu diberikan pemahaman yang baik tentang sistem politik, hak dan kewajiban warga negara, serta pentingnya partisipasi dalam demokrasi.

Harapannya, dengan proyek P5 ini membuka ruang bagi peserta didik untuk terlibat dalam proses demokrasi sejak dini, dapat membantu mereka menjadi warga negara yang lebih terlibat dan paham akan hak serta tanggung jawab mereka dalam masyarakat. Tujuannya ialah membentuk generasi muda SMA Santo Yosef yang memiliki pemahaman mendalam tentang Pancasila serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini, Proyek P5 “Suara demokrasi” di kalangan peserta didik sangat penting dalam membentuk pemahaman mereka tentang proses politik dan kewarganegaraan. Vox Populi , Vox Dei!

Penulis: Lukas Mileniawan 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.