Home » Jarang Terjadi! Guru SD Santa Maria Ini Diminta Sehari Mengajar di Sekolah Lain 

Jarang Terjadi! Guru SD Santa Maria Ini Diminta Sehari Mengajar di Sekolah Lain 

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id- Suwito, seorang guru SD Santa Maria Mentok dan Guru Penggerak serta Narasumber Berbagi Praktik Baik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapat kesempatan berharga untuk berbagi ilmu dalam program Lesson Study di SDN 13 Mentok pada 19 Februari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Suwito mengajar Bahasa Inggris dengan fokus pada penguatan literasi dan numerasi. Ia menjadi guru model yang mengajar dan diamati oleh rekan-rekan guru lain. Ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi guru model, dan ternyata sangat berkesan.

Suwito mengajar dengan gaya pembelajaran berdiferensiasi dan diamati oleh guru lain

Suwito disuguhkan dengan antusiasme luar biasa dari murid-murid SDN 13 Mentok. Mereka semangat mengikuti pembelajaran dan aktif berpartisipasi. Bahkan, beberapa murid memberikan kenangan tak terduga, meminta waktu tambahan, dan ingin Suwito datang kembali mengajar.

“Ada yang sampai nangis sedih karena sudah waktunya berpisah. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan dan menyentuh hati,” ungkap Suwito yang sehari-hari mengajar Bahasa Mandarin itu.

Pengalaman menjadi guru model di SDN 13 Mentok memberikan dampak positif bagi Suwito. Ia semakin termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai guru, serta berbagi ilmu dan pengalaman dengan guru-guru lain.

“Saya berharap pengalaman ini dapat bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan guru lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah,” ujar Suwito.

Pengalaman pertama dan berkesan bagi Suwito

Kepala sekolah dan guru SDN 13 Mentok juga menyatakan kesannya pada proses pembelajaran yang dibawakan Suwito yang akrab dipanggil Laoshi itu. Mereka menyatakan mendapatkan inspirasi baru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Program Lesson Study merupakan program kolaboratif antar guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Program ini melibatkan guru dalam mengamati, menganalisis, dan merefleksikan praktik pembelajaran di kelas.

Pengalaman Suwito menjadi guru model di SDN 13 Mentok merupakan bukti nyata kualitas pendidikan sekolah di bawah naungan Yayasan Tunas Karya. Para tenaga pendidik YTK bahkan menjadi model dan inspirasi untuk guru lainnya.

(laporan: Maria Susanti)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.