Home » Kreatif dan Berbeda! Legenda Ular Putih Hingga Sun Go Kong Warnai Perayaan Imlek di SD Santa Maria Mentok

Kreatif dan Berbeda! Legenda Ular Putih Hingga Sun Go Kong Warnai Perayaan Imlek di SD Santa Maria Mentok

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id – Semarak Imlek tak melulu dihiasi merah dan emas. Di SD Santa Maria Mentok, perayaan Tahun Baru Imlek 2024 justru diwarnai dengan semangat kebersamaan dan harmoni antar budaya. Bertajuk “Bersatu untuk Semakin Terdepan”, acara yang digelar pada 17 Februari 2024 ini dihadiri pihak sponsor, Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat dan orang tua siswa.

Tak hanya atraksi Barongsai dan Wushu yang memukau, perayaan Imlek di SD Santa Maria Mentok dikemas dalam beragam kegiatan menarik. Para siswa unjuk gigi dalam Lomba Fashion Show bertema Imlek dan Budaya Tionghoa, menampilkan kreasi kostum mereka yang unik dan penuh warna. Cosplay tokoh legenda Tionghoa pun turut memeriahkan suasana, menjadi sarana belajar sejarah dan budaya yang menyenangkan. Ada Bai Shu Zhen (Legenda Putih), Judge Bao, Sun Go Kong, hingga Na Zha, membuat semarak parade fashion show. Tak kalah dengan murid, orang tua dan guru-guru pun ikut beraksi berlenggak lenggok di atas catwalk.

Tak ketinggalan, pentas seni dari Ekskul Musik, Tari, dan Mandarin Club menyemarakkan acara. Alunan musik tradisional Tionghoa berpadu dengan gerakan tari yang enerjik, menampilkan perpaduan budaya yang memukau. Para guru dan orang tua pun tak mau kalah, unjuk kebolehan dalam lomba dance.

Lomba dance orang tua dan guru, penampilan eksul di SD Santa Maria, menambah semarak perayaan Imlek 2024 di SD Santa Maria Mentok

Kunjungan persahabatan dari SD N 21 Mentok menjadi momen istimewa. Melalui aktivitas bersama, siswa-siswi dari kedua sekolah berinteraksi dan saling mengenal, menumbuhkan rasa toleransi dan saling menghargai antar budaya.

“Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, sekolah berupaya menumbuhkan generasi muda yang tidak hanya cerdas dan berprestasi, tetapi juga memiliki karakter toleran, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi semangat persatuan,” ungkap Dwinita Apriani, pengawas satuan pendidikan Kabupaten Bangka Barat, yang turut hadir dalam kegiatan ini.

Acara ditutup dengan sesi Open Class, di mana siswa-siswi SD Santa Maria Mentok berkesempatan belajar langsung etika bertamu, menerima tamu dan budaya Tionghoa. Lebih dari sekadar perayaan, acara ini menjadi cerminan komitmen SD Santa Maria Mentok sebagai sekolah ramah anak yang menghargai kebhinekaan.

“Kami sering hadir dalam berbagai kegiatan di sekolah. Dan di SD Santa Maria adalah yang paling the best!” pungkas Devi Septriyani, Putri Pariwisata Babel 2019 yang menjadi salah satu juri dalam kegiatan ini.

Kegiatan Imlek di SD Santa Maria Mentok semakin yakin membuat orang tua di Mentok menitipkan putra-putrinya menempuh pendidikan di sini. Tak hanya belajar bermakna, pendidikan karakter juga ditanam begitu kuat di SD Santa Maria.
Kontributor: Suwito

Fotografer: Sanz Liu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.