Home » Asyiknya Belajar di Kebun Sayur, Murid TK Bernadeth Tanjungpinang Mengenal Sayur Secara Konkret

Asyiknya Belajar di Kebun Sayur, Murid TK Bernadeth Tanjungpinang Mengenal Sayur Secara Konkret

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—Rabu, 28 Februari 2024 menjadi hari yang menyenangkan bagi murid TK Bernadeth Tanjungpinang. Kali ini seluruh murid belajar di kebun sayur, Dompak. Kegiatan ini merupakan aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, yaitu“ Tanaman di Sekitar Sekolah”.

Adanya kerja sama bersama paguyuban kelas dan komite sekolah, seluruh murid berkunjung ke kebun sayur dengan mengendarai mobil orang tua murid yang ikut mengantar anak-anak. Semua murid terlihat senang, mereka dengan antusias saat naik ke mobil.

Sesampainya di kebun sayur, seluruh murid di beri pengarahan untuk berjalan melewati pematang jalan, agar sayur-sayurannya tidak rusak dan terinjak-injak. “Ibu banyak sekali sayurnya , semua hijau-hijau dan subur,” kata Dean salah satu murid. Anak-anak juga di ajak berkeliling oleh guru dan menjelaskan nama bermacam-macam sayur yang ada, ada sayur bayam, sayur kangkung, sayur pare dan sayur sawi, juga ada sayur terong, daun bawang, buah pisang dan juga buah pepaya.

Seluruh murid kelompok B1, B2 berbaris menjadi satu kelompok menuju sayur bayam, sayur kangkung dan daun bawang.  Sedangkan barisan anak kelompok bermain dan TK A berjalan menuju ke sayur sawi dan  sayur pare. Sambil berjalan mengelilingi kebun, para guru menjelaskan bahwa beberapa hal mengenai sayuran. Tak hanya murid, para orang tua yang ikut juga turut membeli sayur yang sudah mereka petik.

Juvany selaku ketua komite mengatakan kegiatan out door kali ini sangat menyenangkan bagi anak-anak, banyak pelajaran yang bisa diambil dari belajar langsung dikebun, selain mengenalkan langsung bermacam-macam sayuran, anak-anak juga terlihat senang dan juga mengajarkan mereka untuk mengenal lebih dekat sayuran dan memotivasi anak untuk mau makan sayur.

Kepala TK Bernadeth Tanjungpinang, Sarah Wahyuningsih, S.Pd mengatakan kegiatan belajar berkunjung langsung ke kebun sayur ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak tentang kebun sayur, melihat langsung secara konkret dan bersyukur atas semua ciptaan Tuhan. Sarah juga mengucapkan terima kasih atas bantuan paguyuban kelas, komite sekolah yang sudah berpartisipasi dan ambil bagian pada kegiatan outing class kali ini, “semoga ke depan kita akan berkunjung ke sumber belajar yang lainnya,” tutur Sarah saat mengakhiri pembicaraan. (mil)

Kontributor: Dewi

Anda mungkin juga suka