Home » Gencar Berikan Bimbingan Karir, Asrama Theresia Undang Salah Satu Perguruan Tinggi

Gencar Berikan Bimbingan Karir, Asrama Theresia Undang Salah Satu Perguruan Tinggi

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Pendidikan sangatlah penting, terutama setelah lulus dari SMA. Pentingnya melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA dengan kuliah, mengapa? karena dengan kuliah kita mendapat kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan pengetahuan dalam dunia kerja. Ketika kuliah kita bukanlah murid lagi, tetapi melainkan mahasiswa. Pendidikan kuliah dapat disebut dengan perguruan tinggi. Pada tanggal 1 Maret 2024 di Asrama Santa Theresia, kedatangan tamu spesial, yaitu kakak-kakak dari Universitas Bunda Mulia yang akan memandu kegiatan sharing kali ini.

Agar suasana tidak sepi dan tidak membosankan, diawal sesi kak Majes memperkenalkan diri dan team dan memberikan kesempatan untuk menebak beberapa pertanyaan. Orang yang dapat menebaknya dengan tepat akan mendapatkan Ovo dan benar saja ada yang menebaknya dengan tepat dan berhasil mendapatkan Ovo, yaitu Tian dan Ari.

Saat sesi sharing kak Majes menjelaskan tentang tantangan-tantangan di era saat ini untuk mencapai karir yang akan dipilih. Selain itu sesi ini juga diberikan informasi Program Study yang saat ini banyak sekali peluang tapi tak hanya itu, dijelaskan juga belasan program study beserta peluang karirnya. Bahkan tidak hanya tentang program study tapi juga kendala-kendala yang mungkin saja bisa kita alami saat menempuh study tingkat lanjut, sharing pengalaman-pengalaman dari pribadi maupun mahasiswa-mahasiwa UBM yang merantau dijelaskan begitu detail sehingga sangat menguatkan.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Anak-anak asrama Santa Theresia antusias bertanya di sesi ini. Sembari menjawab pertanyaan dari anak asrama, kak Majes tersebut juga menceritakan pengalaman hidupnya yang dimana ia merupakan anak rantau yang dulunya tidak mahir dalam berbicara di depan publik. Ia juga membagikan tips berbicara yang benar dan tips lainnya untuk tampil di depan publik.

“Saya dulunya gugup dan tidak pandai dalam berbicara di depan publik, sekarang saya berdiri dan saya berbicara dengan kalian ini karena hasil belajar. Semua butuh proses, saya juga diajari dan belajar bagaimana caranya berbicara di depan publik.” ujar kak Majes

Sampailah pada sesi terakhir dimana kegiatan sharing ini sudah selesai. Kegiatan ini ditutup kak Martina Winarti selaku pendamping Asrama Santa Theresia. Sebelum berpisah, anak-anak asrama dan team dari UBM berfoto bersama. Selesai berfoto, kakak dari UBM membagikan brosur dan totebag dari UBM.

“Semoga dengan kegiatan seminar ini adik-adik asrama Santa Theresia dapat semakin berkembang secara optimal dalam mencapai pilihan karir yang tepat.” ujar Kak Win

Diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini anak-anak asrama dapat menambah pengetahuan tentang Pilihan Program Study maupun Perguruan Tinggi yang diminatinya bukan karena mahal, demi gengsi, identitas, melainkan kualitas.

Penulis: Kezia Artalita

Anda mungkin juga suka