Home » Emerentiana, Pelajar SMP Santo Hilarius Parittiga Terpilih Sebagai Duta Anak Bangka Barat 2021

Emerentiana, Pelajar SMP Santo Hilarius Parittiga Terpilih Sebagai Duta Anak Bangka Barat 2021

oleh admin

( Foto : Emerentiana, SMP Santo Hilarius Paritiga )

Muntok, YTKNews.id– Siswi SMP Santo Hilarius Parittiga, Emerentiana terpilih sebagai satu diantara sepuluh Duta Anak Bangka Barat Tahun 2021 pada kegiatan Forum Anak Daerah yang digelar pada Rabu dan Kamis (23-24 Juni 2021) di Graha Aparatur Pemda Bangka Barat, Muntok.

Kegiatan Forum Anak Daerah yang diikuti oleh perwakilan siswa dari 6 kecamatan di Kabupaten Bangka Barat dengan total 51 siswa SMP dan SMA/SMK berfungsi sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan, sehingga tidak ada batasan bagi anak untuk dapat menjadi anggota forum anak.

Kegiatan Forum Anak Daerah yang digelar selama dua hari tersebut diisi oleh berbagai program, diantaranya games, outbond, dinamika kelompok, olah raga, pentas seni, dan pemberian materi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan juga Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Tahap penilaian untuk pemilihan 10 duta anak dilakukan dengan melihat keaktifan peserta baik secara pribadi maupun dalam tim/ kelompok. Peserta diharuskan aktif dan berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan secara jujur dan berani tanpa takut salah. Penilaian juga diambil saat wawancara yaitu melihat dan mendengar kelancaran para peserta untuk menjawab serta menilai kemampuan public speaking mereka.

Emerentiana yang didaulat menjadi Duta Anak Bangka Barat Tahun 2021 merasa senang dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia mengaku telah memberikan yang terbaik dan berusaha seaktif mungkin selama proses pemilihan.

“Saya merasa senang dan bangga menjadi salah satu perwakilan Duta Anak Bangka Barat 2021,” kata Emerentiana.

Ia mengaku tidak menyangka bisa menjadi Duta Anak dan mengharumkan nama sekolah, dan mengikuti jejak alumnus SMP Santo Hilarius yang sebelumnya juga pernah menjadi Duta Anak Bangka Barat.

“Saya tidak menyangka ternyata bisa mengikuti jejak Kak Albert, salah satu Alumnus SMP Hilarius yang dua tahun lalu juga menjadi Duta Anak Bangka Barat,” katanya.

Forum Anak adalah wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya, dan dilaksanakan atas dasar kesadaran, pemahaman, serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.