Home » Agustusan Bernuansa Kearifan Lokal di SMP Maria Goretti

Agustusan Bernuansa Kearifan Lokal di SMP Maria Goretti

oleh humas YTK

Sungailiat, YTKNews.id – Bulan Agustus tentunya identik dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Semangat patriotik dan heroik sangat kental mewarnai hari-hari di bulan Agustus di SMP Maria Goretti Sungailiat.

Namun, Agustusan kali ini beraroma lain. Nuansa lokal Bangka Belitung mencuat kuat, menggeliatkan rasa cinta akan tanah lahir, Bumi Segantang Lada. Pagi hari Jumat,12 Agustus, irama rancak dambus khas Bangka Belitung membahana mengiringi rentak Bedincak warga SMP Maria Goretti. Anak-anak bergoyang lincah, sesekali ikut menggumamkan syair yang tak asing di telinga maupun di lidah.

Bersempena dengan peringatan hari lahir Indonesia, Rabu, 17 Agustus 2022, guru karyawan SMP Maria Goretti menggelar  acara tumpengan. Kali ini gunungan ala Jawa yang menyimbolkan ucapan syukur atas kembalinya suasana meriah peringatan kemerdekaan, setelah dua tahun kehilangan gempitanya.

Kristiawan Tri Wardana, S.Pd selaku kepala SMP Maria Goretti mengungkapkan rasa syukur pada amanat yang Ia sampaikan saat upacara bendera digelar pada pagi harinya.

“Perasaan syukur atas kemerdekaan itu hendaklah ditampakkan dalam semangat mandiri yang penuh kesadaran akan peran serta andil masing-masing pribadi. Sudah saatnya kita melecut diri sendiri untuk melakukan segala hal yang terbaik,” ujar Kristiawan.

Suasana kearifan lokal juga menandai bahana kemerdekaan di SMP Maria Goretti pada Jumat, 18 Agustus 2022. Gebyar merderka yang dibalut cinta tradisi local hari itu diadakan di sekolah. Permainan rakyat, sembilun, dimainkan dengan penuh antusias oleh para siswa. Permainan nostalgia ini nyatanya dapat menggebah semangat cinta budaya daerah. Seterusnya, futsal dangdut, lolos sarung, estafet air, dan paku botol melengkapi keceriaan hari itu. *(nys)*

Suasana Permainan di SMP Maria Goretti

Suasana Permainan di SMP Maria Goretti

Penulis : Nyuk Fan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.