Home » Kreatif, Mahasiswa KKN STIE Bentara Persada Beri Pelatihan Kuliner di RW 09 Kampung Nenas

Kreatif, Mahasiswa KKN STIE Bentara Persada Beri Pelatihan Kuliner di RW 09 Kampung Nenas

oleh Redaktur Ytknews

Batam, YTKNews.id—Kuliah kerja nyata atau KKN adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan cara menempatkan mahasiswa ke daerah pedesaan dalam waktu tertentu. Dengan diadakannya KKN, mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik yang didapatkan selama di bangku kuliah.

Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada periode 2023 melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu pelatihan kepada ibu-ibu pelaku usaha kecil (UMKM). Jenis pelatihan yang diberikan adalah bidang usaha kuliner.

Dari program tersebut Mario Ricardus Doni Kia , dalam jumpa persnya kepada ytknews.id, Sabtu (15/4/2023) menyampaikan, harapan dari terlaksananya pelatihan ini adalah agar kreativitas warga khususnya ibu-ibu dapat meningkat sehingga tercipta ketahanan pangan di dalam keluarga dan meningkatnya ekonomi warga.

“Kegiatan pelatihan kuliner ini merupakan ajang bagi ibu-ibu untuk belajar tentang apa itu ekonomi kreatif, dimana ibu-ibu dapat memajukan industri kecil atau kita kenal dengan UMKM, dan saya berharap ibu-ibu mempunyai rancangan tindak lanjut dari kegiatan ini, dimana rencana tindak lanjut tersebut sebagai bentuk kemajuan ekonomi kreatif,” ujar Mario.

Praktik pertama dimulai dengan membuat Kerupuk Pepaya. Meski kerupuk ini tidak begitu terkesan, tetapi antusias peserta selama pelatihan berlangsung sangat baik. Setelah selesai mempraktikkan resep yang pertama, dilanjutkan dengan membuat resep yang kedua. Resep yang kedua adalah minuman Boba. “Wah anak-anak suka ini,” ujar salah satu peserta pelatihan.

Setelah selesai praktik, sembari menunggu minuman siap dihidangkan, ibu-ibu diarahkan untuk mendapatkan materi mengenai berbagai resep kue dan saling sharing berbagai resep masakan dan minuman yang pernah dipraktikkan.

“Acara ini sangat bagus, apalagi ibu-ibu di RW 09 Kampung Nenas itu banyak membutuhkan pelatihan pembuatan kue, kami berharap, ibu-ibu yang hadir dipelatihah ini dapat berbagi ilmunya kepada warga yang lain”, lanjut mahasiswa dari Prodi Manajemen ini.

Pelatihan usaha kuliner ini mendapat apresiasi dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN periode 2023, Imelda Tamba S.E., M.M.

“Sebagai DPL, saya akan terus mendampingi mahasiswa untuk melakukan sebuah inovasi, sehingga masyarakat bisa merasakan dampak kehadiran mahasiswa KKN STIE Bentara Persada di tengah masyarakat”, ungkap mantan KaProdi dua periode tersebut. (***)

Reporter : Silvester Kopong

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.