Home » Tahun Ajaran dan Semangat Baru! SMP Santa Theresia memantabkan kegiatan P5

Tahun Ajaran dan Semangat Baru! SMP Santa Theresia memantabkan kegiatan P5

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id – Hari libur sekolah sebentar lagi telah usai, namun hal ini tidak menyurutkan semangat para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mempersiapkan tahun ajaran baru di SMP Santa Theresia. Pasalnya, para tenaga kependendidikan dan pendidik pada tanggal 6 Juli 2023 sudah kembali aktif melakukan kegiatan di sekolah. Pada hari pertama inilah, para bapak dan ibu guru mendapatkan kesempatan belajar bersama mengenai kurikulum merdeka bersama dengan Eko Heri Priyanto, S.Pd. selaku pengawas Sekolah. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 sampai dengan pukul 14.30 tersebut bermaksud untuk memberikan penguatan dan pembekalan kembali mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka.

Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa sesi, diantaranya pembahasan mengenai P5, penyusunan modul ajar dan proyek, serta membahas lebih lanjut mengenai Capaian Pembelajaran atau yang disebut CP dalam kurikulum merdeka. Pada sesi pertama, bapak dan ibu guru dibagi menjadi tiga tim yakni tim mengenai kurikulum, proyek dan pembelajaran.

Setelah pemaparan materi mengenai CP, ATP dan serangkaian perangkat pembelajaran, Pak Eko memberikan kesempatan peserta untuk berkumpul ke tim masing-masing dan membuat Lembar Kerja menyusun Capaian Pembelajaran.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Apalagi saya baru terjun, ini menjadi pembekalan yang sangat bermanfaat bagi saya” ungkap Ibu Jovinka yang gemar menari ini

“Pak Eko juga datang ke meja masing-masing, jadi kalau bertanya atau ada yang bingung bisa langsung disampaikan” pungkasnya.

Setelah kegiatan kelompok dalam membuat CP, sesi dilanjutkan untuk membahas mengenai penyusunan modul proyek P5. Bapak dan ibu guru pun diberikan kesempatan membuat modul proyek setelah pemaparan materi dari pak Eko. Diakhir diskusi, para tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi. Adapun beberapa tim yang mempresentasikan adalah tim mata pelajaran bahasa inggris, tim proyek, dan tim kurikulum.

“Kami mendapatkan feedback yang sangat baik, terutama untuk perbaikan dan penyempurnaan perangkat pembelajaran yang dipersiapkan untuk kurikulum merdeka. Kegiatan ini sangat bermanfaat” ungkap Stefanus Prima Nugroho atau yang gemar dipanggil “Sir” ini.

Beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan apresiasi yang membuat diskusi semakin berjalan dengan menarik. Setelah pemaparan presentasi selesai, Eko kembali memberikan penguatan dan masukan yang semakin memantabkan para peserta.

Reporter: Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.