Home » Keseruan Perkemahan Jum’at Sabtu di SD Paulus 1 Pangkalpinang

Keseruan Perkemahan Jum’at Sabtu di SD Paulus 1 Pangkalpinang

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang menyelenggarakan Perkemahan Pramuka  Tahun 2023 dengan mengusung tema “Dengan Perkemahan Jum’at Sabtu Kita Belajar menjadi Pribadi Mandiri, Mampu Bekerja Sama, Bersahaja, dan Bertanggungjawab”. Perkemahan bertujuan untuk mengajarkan dan menerapkan nilai – nilai kepramukaan  sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kegiatan perkemahan ini melibatkan guru, orangtua/wali  murid serta peserta didik sehingga perkemahan berlangsung dengan lancar dan tertib.

Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan oleh SD Santo Paulus 1 dan menjadi agenda tahunan sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan perkemahan ini dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Desember 2023 di halaman dan aula SD Santo Paulus 1 Pangkalpinang. Diikuti oleh  79 siswa kelas 5 dan 6 yang tergabung dalam 10 Regu.

Dengan mengambil konsep kehidupan perkemahan dan perlombaan, beberapa kegiatan dan perlombaan dihadirkan dalam kegiatan ini seperti membuat sarapan, belajar bendera semaphore, membuat tandu, lomba estafet balon, memindahkan air, dan yel-yel.

Kegiatan perkemahan pramuka diawali dengan pendataan peserta didik yang dilakukan oleh panitia kegiatan hingga penetapan kamar untuk beberapa regu yang sudah dibentuk sebelumnya pada kegiatan ekstra kurikuler. Acara dibuka dengan upacara penaikan bendera merah putih.

“Kegiatan ini dapat membangun watak dan karakter anak yang disiplin, teguh, kuat serta memiliki jiwa patriot dan rasa nasionalisme yang tinggi.”pungkas Natalia Murwantini selaku Kepala SD Santo Paulus 1.

Selesai upacara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba yaitu estafet balon dan memindahkan air secara beregu. Perlombaan ini bertujuan untuk mengajarkan nilai – nilai kerjasama, dan belajar mengenal sandi menggunakan bendera semaphore.

Pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pertunjukan dari masing – masing regu untuk saling menunjukkan kreatifitasnya yaitu lomba yel-yel yang dipandu oleh Benedicta Dwi Astuti dengan penuh semangat dan kreatif. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan renungan malam dan penyalaan lilin setiap peserta perkemahan. Dalam renungannya Herman Susanto selaku koordinator perkemahan menyampaikan rasa syukur karena kegiatan perkemahan pramuka bisa dilakukan dan bisa berjalan dengan baik. Dari kegiatan perkemahan pramuka beliau berharap para peserta didik bisa banyak belajar tentang arti mandiri, kerjasama, bersahaja, dan bertanggung jawab yang dapat dijadikan bekal untuk masa depan.

Sabtu, 9 Desember 2023 di hari kedua peserta didik mengikuti senam pagi, membuat sarapan sederhana, jelajah lingkungan sekolah dengan menyelesaikan tugas di setiap pos, membuat tandu, upacara penutupan, pembagian hadiah dan diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih kelas yang dipakai untuk tidur.

Kegiatan di hari kedua walaupun hujan kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib. Peserta perkemahan mampu belajar untuk mandiri, bekerja sama dan tanggung jawab atas tugas regu dan dirinya sendiri.

“Saya senang  mengikuti kegiatan perkemahan ini dan kami dapat belajar mandiri, yaitu membuat sarapan pagi secara beregu, bekerjasama dalam menyelesaikan setiap tantangan dalam perlombaan, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan para pembina.” ujar Tessa mewakili para peserta perkemahan.

Penulis: Hero

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.