Home » Diajak Berdinamika! Beginilah Kader SMP Santa Theresia Dibentuk

Diajak Berdinamika! Beginilah Kader SMP Santa Theresia Dibentuk

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar atau yang dikenal dengan LKTD merupakan kegiatan yang diselengarakan untuk mempersiapkan kader penerus bangsa. Dalam rangka yang sama, SMP Santa Theresia juga melaksanakan LKTD selama dua hari satu malam. Kegiatan yang dilaksanakan pada 16 Februari sampai 17 Februari ini bertujuan untuk memantabkan dan meningkatkan mutu kepemimpinan, kemampuan berorganisasi dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan OSIS. Kegiatan ini diikuti oleh duapuluh sembilan pengurus OSIS dan dua puluh perwakilan kelas (MPK) serta panitia yang merupakan OSIS periode sebelumnya. Adapun sesi kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembentukan kepemimpinan adalah spriritualitas kepemimpinan, organisasi kesiswaan, pendalaman visi dan misi sekolah, penyususnan program, dinamika kelompok, jurit malam dan penyampaian daun niat, serta pelatihan baris berbaris.

Hal menarik lain dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk lebih mandiri. Melalui kegiatan memasak, peserta bekerja sama untuk menyiapkan makanan yang akan disantap bersama dalam kelompok. Adapun makanan yang diolah adalah olahan sawi dan bakso, adapula yang dikombinasikan dengan telur. Serta di hari terakhir memasak nasi goreng sesuai kreativitas kelompok.

Selain diajak belajar mandiri, peserta juga dilatih untuk bekerja sama apalagi saat diskusi program kerja, peserta saling mengungkapkan pendapat sesuai dengan seksi bidangnya. Kemudian program kerja yang telah disusun tersebut didiskusikan bersama.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu jalan pembinaan kepada anak-anak kita, khususnya pengurus OSIS terpilih periode ini sebagai bekal sebelum melaksanakan tugas-tugas kepengurusan OSIS.” ungkap Florensius Kevin Arista, selaku ketua panitia.

“Pengalaman yang diperoleh anak-anak, semoga tidak hanya berhenti di kegiatan ini. Tapi hal-hal baik bisa dibawa mereka selama melaksanakan tugas…” Haidar Rizaldi menambahkan.

Reporter: Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.