Home » Keuskupan Pangkalpinang Ajak Yayasan Tunas Karya dan Paroki Kevikepan Babel Menggali Ilmu Jurnalistik

Keuskupan Pangkalpinang Ajak Yayasan Tunas Karya dan Paroki Kevikepan Babel Menggali Ilmu Jurnalistik

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id — Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Pangkalpinang mengundang perwakilan Yayasan Tunas Karya (YTK) untuk belajar bersama ilmu jurnalistrik  pada Sabtu dan Minggu, 12 hingga 13 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut juga turut mengundang perwakilan Komsos Paroki sebanyak 27 peserta yang berasal dari Paroki Kevikepan Bangka Bangka Belitung seperti Paroki Bernadeth, Katedral, Sungailiat, Belinyu, Koba, Toboali, Mentok dan Seminari Mario John Boen.

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Pangkalpinang sekaligus Delegatus Komsos Pangkalpinang, Romo Antonius Moa Tolipung mengungkapkan rasa syukurnya karena pelatihan hari itu terjadi juga berkat dukungan penuh dari Komsos KWI.

“Hari ini hadir bersama kita Romo Anthonius Steven selaku Sekretaris Eksekutif Komsos KWI dan Ignasius Christo dari Komsos  Bandung, selain sebagai narasumber ini juga sebagai bentuk kepedulian Komsos KWI kepada Komsos Keuskupan Pangkalpinang,” ujar Romo Anton.

Romo Anton menegaskan kepada para peserta bahwa seorang pegiat Komsos juga bertindak sebagai Komunikator, oleh karena itu  di era digital ini, harus memiliki kewajiban dalam komunikasi sosial untuk mewartakan kabar gembira lewat tulisan, foto maupun video.

Mengangkat tema ‘Merawat dan Mengembangkan Jurnalistik Tulis dalam Pastoral Komsos Keuskupan Pangkalpinang’, hari itu para peserta dibekali dengan pelatihan menulis berita, fotografi dan videografi.

Menariknya, tak hanya mendengarkan materi tetapi para peserta diberikan kesempatan untuk praktik membuat judul berita yang baik, menulis lead berita, cara mengambil foto dari berbagai angle, dan juga masuk kedalam kelompok kecil untuk membuat ide cerita sebuah video atau film pendek.

Tak hanya Romo Steven dan Ignasius Christo, hadir juga sebagai narasumber dari Bangka Pos, Respi Leba dan Aris Yuni seseorang yang berkarya dibidang fotografi  dan pernah berkarya selama 20 tahun sebagai staff Komsos Pangkalpinang.

“Tidak hanya berhenti  disini, kegiatan ini akan berkesinambungan untuk kita semua terus belajar, setelah ini kegiatan yang sama akan kita gelar di Batam dengan peserta dari Kevikepan Kepulauan Riau, semoga pulau-pulau semakin bersuka cita. Laetentur Insulae Multae,” pungkas Romo Vikjen. ***

Reporter : Novita Yuliasari

 

 

 

 

 

Anda mungkin juga suka