Home » Budaya Unik Merayakan Natal dan Tahun Baru Ala Asrama Santa Theresia

Budaya Unik Merayakan Natal dan Tahun Baru Ala Asrama Santa Theresia

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Natal tahun 2023 kali ini dirayakan penuh sukacita dan rasa Syukur bagi seluruh umat Kristiani yang merayakannya. Natal tahun ini mengangkat tema “Kemulian Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” yang dikutip langsung dalam Alkitab Lukas 2:14. Dengan memuliakan Allah, banyak orang memiliki harapan-harapan untuk kehidupan yang damai dan Sejahtera begitupun dengan para penghuni Asrama Santa Theresia Pangkalpinang.

Ada pemandangan yang berbeda dan unik di asrama tersebut dalam  merayakan Natal Bersama. Dalam menyiapkan kegiatan dengan baik, anak-anak Asrama Santa Theresia sudah mempersiapkan sejak Desember tahun lalu. Kegiatan yang disiapkan adalah kegiatan bertukar kado. Berbeda dengan tukar kado pada umumnya, kegiatan ini diadakan lebih kreatif.

Langkah pertama yang dilakukan oleh anak-anak asrama adalah menentukan Manita dan Malaikat selama masa menyongsong Natal dan Tahun Baru. Manita adalah seseorang yang sudah kita tahu siapa dia sedangkan Malaikat adalah tidak kita ketahui identitasnya karena ia harus memakai nama samara. Mekanisme setelah menentukan yaitu membuat surat dan mengirim surat tersebut serta kado kecil untuk Manita dan Malaikat. Pada puncak acara, saat anak-anak tukar disitulah mereka tahu siapa saja yang berperan menjadi malaikat.

Pelaksanaan acara puncak diadakan di Asrama Santa Theresia Pangkalpinang pada Jumat (26/01/2024) dengan meriah dan penuh dengan sukacita. Selain kegiatan inti berupa tukar kado, kegiatan juga diawali dengan ibadat singkat. Pada kesempatan itu, anak-anak juga merayakan teman-teman yang berulang tahun  dengan tiup lilin dan pemotongan kue tart. Kemudian anak-anak berdinamika bersama dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan sangat seru.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya agar anak-anak di Asrama Santa Theresia dipenuhi rasa sukacita dan kebersamaan saat merayakan natal bersama teman-teman sesama perantau.” pungkas Martina Winarti selaku pendamping Asrama Santa Theresia.

Penulis: Martina Winarti

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.